Pemeriksaan Kesehatan, Pentingkah?

Diposting oleh malamjumat on Dec 24, 2009


Apa itu pemeriksaaan kesehatan?

Pemeriksaan kesehatan atau yang kita kenal dengan nama Medical Check-up adalah suatu proses pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh. Pemeriksaan ini bisa bervariasi tergantung dari umur, jenis kelamin, dan kesehatan seseorang.

Perlu atau tidak?

Banyak dari anda yang berpikir untuk apa sih pemeriksaan kesehatan? Banyak juga dari anda yang berpikir “Toh, gue kelihatan sehat kan nih.. buat apa periksa kesehatan”. Memang dari luar anda terlihat sehat dan bugar, namun belum tentu organ dalam tubuh anda juga demikian. Melalui pemeriksaan kesehatan ini, anda bisa mengetahui secara mendetail mengenai kesehatan organ dalam tubuh anda, dan jika memang ada masalah, anda bisa ambil langkah pencegahannya. Jadi pemeriksaan itu penting walaupun memang kadang pemeriksaan kesehatan gratis jarang ditemukan. Ingat kesehatan itu mahal!

Apa saja yang perlu dicek?

Tergantung dari usia, jenis kelamin, dan kesehatan, anda bisa berkonsultasi dengan petugas medis yang melayani anda. Anda jelaskan mengenai latar belakang kesehatan anda. Disamping semua itu memang ada beberapa elemen yang HARUS dicek dan tidak mengenal usia, jenis kelamin serta kesehatan anda.

Mengenai jenis pemeriksaan terserah Anda, ada pemeriksaan kesehatan gratis dan tentunya ada juga yang mahal.

Mereka adalah:

* Trigliserida - Kadar lemak dalam darah

* Anti bodi – Kadar darah putih yang bertugas menjaga tubuh anda dari segala penyakit

* Hepatitis - Penyakit yang menyerang liver anda.

* Kimia GOT, GPT – Fungsi hati.

* Kolestrol LDL – juga disebut kolestrol “jahat” penyebab sakit jantung dan strok

* Kolestrol HDL – juga disebut kolestrol “baik” sebaliknya LDL, bisa menolong dari sakit jantung dan strok, namun jika kadarnya terlalu rendah malah menyebabkan sakit jantung dan strok.

Biasanya anda diharuskan berpuasa selama kurang lebih 9 jam. Hal ini dilakukan supaya hasil pemeriksaan valid.

Interval waktu pengecekan?

Interval yang tepat untuk melakukan pemeriksaan kesehatan biasanya 1 tahun sekali untuk kita yang berumur 20-30 tahun. Nah, untuk yang diatas itu boleh dilakukan lebih cepat yakni 6 bulan – 1 tahun sekali. Untuk lebih tepatnya mungkin anda bisa konsultasi dengan pakar kesehatan setempat.

Hidup sehat dengan pemeriksaan rutin

Hidup sehat sebaiknya dimulai dari usia dini. Memang harga yang harus dibayar untuk sehat itu tidaklah murah, apalagi bagi anda yang masih berusia 20-30 tahun yang sedang heboh-hebohnya menyantap semua hidangan dan tidak mengindahkan apakah itu sehat atau tidak. Jangan berpikiran “Kita kan masih muda, jadi ayolah kita nikmatin hidup ini, nanti saja kalau sudah tua baru jaga kesehatan“. Anda salah besar jika berpikir seperti ini, karena kalau sudah tua, maka semuanya sudah terlambat. Ada baiknya mulai sekarang anda pilih makanan yang boleh anda makan, serta perbanyak olah raga diwaktu muda. Karena manfaat dari hidup sehat ini tidak akan anda rasakan langsung, tapi nanti dihari tua anda.

www.twentea.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }