Merangkai Bunga Hias

Diposting oleh Tukang Tambal Ban on Dec 31, 2009





Bunga adalah lambang kecantikan dan keindahan. Maka tak heran jika gadis cantik ***mpamakan sekuntum bunga pernikahan. Dan tak aneh juga jika ingin memperindah suasana, maka ibu-ibu senang menyertakan bunga pada momen-momen tersebut.

Untuk menghadirkan
rangkaian bunga sebagai pemanis suasana tentu tak serampangan. Bunga-bunga itu harus dirangkai dan diatur dengan tepat. Nah, agar anda dapat merangkai bunga dengan indah, maka simaklah tips-tips berikut ini.


Untuk
rangkaian bunga, anda dapat menggunakan jambangan rendah, vass/cerana dan keranjang bunga, atau media lain sesuai kreativitas anda. Anda juga butuh prikker (tancapan bunga), kalau tidak ada anda bisa menggunakan bantalan bunga dari pelepah pisang. Jangan lupa siapkan pisau, gunting bunga, kawat kecil atau benang rami dan malam/lilin.


Prikker atau alat penusuk bunga diletakkan pada jambangan yang rendah yang belum diisi air. Jadi, baik prikker maupun jambangan masih kering. Agar prikker tidak bergeser tempat, kita lem pada jambangan dengan menggunakan lilin atau malam yang dipanaskan. Setelah itu, barulah bunga disusun, bunga disusun menurut keadaan alam. Artinya
bunga-bunga yang kecil kita letakkan di atas sedang yang besar kita letakkan di bagian bawah. Jika susunannya horizontal, maka bunga kecil tadi kita letakkan paling tepi. Bila bunga disusun menjuntai ke bawah, maka bunga yang paling kecil terletak pada bagian bawah susunan.

Bila memasang
rangkaian bunga pernikahan pada meja yang dikelilingi kursi, maka penyusunan bunga dibuat bentuk bulat, sehingga bisa dilihat dari segala jurusan. Jika diletakkan pada sudut ruangan, maka bunga disusun simetris dalam artian hanya bisa dilihat dari satu sudut saja. Supaya menghasilkan susunan bunga yang cantik, sebelum dirangkai sebaiknya direncanakan dulu dalam rangka apakah bunga itu disusun. Apakah rangkaian bunga pernikahan untuk pesta perkawinan, syukuran atau sekedar penghias meja tamu di hari biasa.

ada beberapa faktor penting yang harus diperhatikan dalam menyusun bunga, yaitu

• susunan bunga atau bentuk rangkaian
• perbandingan antara tempat bunga dan susunan bunga
• kesesuaian antara tempat bunga dan bunganya
• keseimbangan susunan bunga
• kombinasi warna
• kesesuaian antara bentuk bunga dan bentuk daun
• kesesuaian warna bunga dengan warna daun

Demikianlah tips merangkai bunga, semoga bermanfaat untuk anda.


Http://www.kulinet.com

{ 0 komentar... read them below or add one }