Mengenal Obyek Wisata Aceh

Diposting oleh malamjumat on Dec 1, 2009


Nanggroe Aceh Darusalam (NAD) merupakan provinsi Indonesia yang terletak di ujung barat Pulau Sumatera. Sebenarnya daerah ini memiliki banyak obyek tujuan wisata, mulai obyek wisata pantai seperti pantai Lhok-Nga yang indah nan elok berpasir putih dengan pemandangan perbukitan di sekitarnya, menyajikan lokasi wisata yang tak kalah dari Bali, hingga obyek wisata pegunungan. NAD memiliki danau laut tawar di pegunungan pada ketinggian 1100 m di atas permukaan laut. Panjang danau tersebut mencapai 26 km dengan lebar 5 km, dan kedalamannya 50 m. Danau Laut Tawar ini terletak di daerah Takengon, Aceh Tengah. Anda juga dapat mengunjungi kolam Sumber Air Panas yang berlokasi di Simpang Balik, kira-kira 14 km dari Takengon. Kolam ini sering dikunjungi oleh wisatwan lokal dan asing, penduduk lokal sendiri mempercayai bahwa kolam air panas tersebut dapat mengobati beberapa jenis penyakit kulit. Untuk sampai ke lokasi bisa menggunakan mobil atau kendaraan pribadi atau bisa menggunakan jasa rental mobil Aceh.

Selain wisata alam, ada juga obyek wisata sejarah seperti Rumah Adat Tjut Meutia, seorang pahlawan Nasional wanita dari Aceh. Rumah adat tersebut berada di kecamatan Matangkuli, desa Pirak. Obyek wisata sejarah lainnya adalah Museum Tsunami (yaitu Museum yang dibuat untuk mengenang tragedi badai Tsunami pada desember 2004 lalu), Meseum Aceh, Lonceng Cakra Donya (yang merupakan hadiah pemberian dari raja Cina pada tahun 1414 M), Taman Sari Gunongan (salah satu peninggalan kerajaan Kesultanan Iskandar Muda yang biasa digunakan sebagai sarana/tempat rekreasi anggota keluarga Kerajaan pada masa itu. Gunongan adalah simbol gunung yang merupakan bagian dari Taman Istana Kesultanan Aceh).


Dan bagi anda yang memiliki adrenalin tinggi, anda juga dapat menikmati objek wisata Air Terjun 7 ( Tujuh ) Tingkatan, yang merupakan simbol 7 tingkatan langit. Disamping itu anda juga bisa menikmati fasilitas arum jeram, dengan aliran sungai yang bisa memacu laju adrenalin anda! Jika ingin melakukan rental
mobil bisa menggunakan rental mobil Aceh untuk sampai ke tempat ini.


Bagi kaum muslim yang ingin berwisata Rohani, anda bisa mengunjungi Mesjid Agung Baiturrahman, yang merupakan salah satu Mesjid Termegah di Asia Tenggara. Bukan hanya mesjid ini yang merupakan mesjid bersejarah di Aceh, masih banyak mesjid bersejarah lainnya. Selain itu anda dapat berkunjung ke Makam Syah Kuala (Syah Kuala Merupakan Ulama Besar daerah Aceh Pada Abad ke 17, yang nama aslinya adalah Syech Abdurrauf bin Ali Al Fansuri As-Singkili). Beliau sangat gigih dalam menyebarkan agama Islam dan menjalankan Syariat di tanah Aceh sehingga dipercaya menjadi Kadhi Malikul Adil yaitu setingkat dengan Mahkamah Agung pada masa Kerajaan Aceh Darussalam.


www.wikimu.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }