Menentukan Kursus untuk Anak Pasif

Diposting oleh malamjumat on Dec 8, 2009


Ciri-ciri: Anak terlihat lamban, kurang gesit, kurang suka kegiatan fisik, cepat mengaku lelah, dan agak lama menyesuaikan diri. Bila melakukan sesuatu yang sesuai dengan mintanya, baru terlihat antusiasmenya dan konsentrasinya pun bisa bagus.

Tips Kursus: Biasanya anak pasif memiliki kemampuan obseervasi yang kuat dan imajinasinya juga tinggi. Jadi, bisa Anda pilihkan tempat les yang memangmemerlukan observasi mendetail dan kekuatan imajinasi, seperti catur, merakit robot, serta ketrampilan tangan.

Dengan begitu, kemampuan imajinasi, daya analisis, dan observasinya dapat berkembang dengan obtimal. Di sisi lain, anak pasif memiliki kekurangan dalam hal sosialisasi -biasanya sulit bergaul- sehingga perlu dipilihkan pula tempat les/les yang dapat meminimalkan sisi kekurangan dari karakternya ini. Kegiatan berkelompok, seperti dalam klun sains, paduan suara, dan sanggar tari/teater akan membantunya bersosialisasi. Selain itu, anak pasif biasanya juga memiliki kendala dalam mengungkapkan ekspresi. Kegiatan melukis dapat membantu mengungkapkan perasaan dan pikirannya. Hal lain yang penting diperhatikan orang tua, karena anak pasif umumnya sulit menyesuaikan diri dengan segera, maka les sebaiknya diberikan secara bertahap dengan pengenalan terlebih dahulu.

Semoga dengan les mereka jadi lebih baik.

http://tipsanda.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }