Jenis Musik Untuk Belajar Gitar

Diposting oleh Unknown on Dec 29, 2009




Tips
Cepat Belanjar Gitar Otodidak


1. Mengenal jenis musik
. Pada tahap awal in, anda hanya diharapkan dapat mengenal jenis musik terlebih dahulu. Baik itu jenis musik rock-balad, pop-balad maupun alternatif. Mengapa balad dan alternatif, karena 2 jenis musik ini dominan menggunakan instrumen gitar dalam penyajiannya. Sehingga diharapkan anda lebih terfokus mengenal nada-nada yang dihasilkan instrumen gitar, karena berlatih dengan menggunakan lagu akan lebih cepat dibandingkan anda menghafal chord demi chord.
2. Memiliki gitar. Memiliki gitar memang bukan merupakan hal yang wajib, namun sangat berpengaruh terhadap akselerasi anda dalam menguasai instrumen ini. Ada beberapa jenis gitar yang perlu anda kenal yaitu : gitar nylon, string dan electric. Untuk tahap belajar di tempat kursus ***ar, anda lebih baik memilih gitar dengan tipe nylon, karena selain ringan dipetik, jari-jari tidak terlalu terluka (berkapal) ketika jari anda membuat chord. Gitar nylon juga digunakan dasar untuk berlatih musik klasik, jadi bagi anda yang kemudian tertarik untuk menekuni gitar klasik, hal ini akan sangat menguntungkan

3. Mengenal chord dasar. Pada tahap ini, anda sudah mulai malakukan pengenalan awal teknik bermain gitar dengan mempelajari kunci-kunci dasar di tempat kursus ***ar yang mudah diterapkan seperti am, em, g, c atau f. Setelah lancar menghafal dan berpindah dari satu chord ke chord yang lain.

4. Mengenal memetik dan menggenjreng. Dua jenis cara memainkan gitar ini sebaiknya anda ketahui. Menggenjreng lebih mudah dibandingkan dengan memetik. Karena memetik membutuhkan koordinasi khusus antara tangan kanan dan tangan kiri anda. Mulailah dengan petikan teratur dari atas ke bawah, bawah ke atas dan kombinasi keduanya, dengan ketentuan satu senar satu jari.
5. Mempelajari nada sebuah lagu. Yang dimaksud mempelajari nada adalah mencari chord untuk nada-nada pada lagu. Hal ini berguna untuk melatih filling anda terhadap suatu nada. Mekanisme yang paling sederhana adalah dengan memutar lagu berformat mp3/mp4 dengan jet audio atau winamp. Dengan tools ini musik bisa dipelankan, di-pause bahkan diputar balik, tanpa merusak pita seperti halnya kalau anda menggunakan cassette. Untuk memudahakan pemahaman anda dalam mengenal lagu, ada aturan dasar bakunya bahwa secara umum lagu hanya terdiri atas : intro_01-intro_02-chorus-reff-intro_02-chorus-reff-melody-reff. Dimana masing-masing bagian memiliki kumpulan chord yang sama.
6. Mencari guru gitar. Guru kursus ***ar yang dimaksud dapat berupa seseorang/teman yang lebih ahli dari anda ataupun video berlatih gitar di kursus ***ar. Hal ini akan memacu anda untuk bisa seperti guru anda bahkan melebihi.



Http://tipsanda.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }