Cegah Serangan Jantung dengan Renang

Diposting oleh malamjumat on Dec 23, 2009


Melihat begitu vitalnya jantung, melakukan perawatan jantung adalah hal yang mutlak kita lakukan. Jangan sampai organ satu ini terserang penyakit yang bisa memengaruhi kesehatan kita. Cara jitu untuk mengusir penyakit yang berhubungan dengan jantung adalah dengan olahraga.

dr Amran Lubis, seorang dokter spesialis jantung di Medan menyebutkan ada beberapa pilihan olahraga yang dapat kita lakukan, di antaranya adalah olahraga sepeda, jogging, erobik serta renang. Bagi Anda yang tidak suka berpanas-panas ria dan berkeringat, renang bisa dijadikan alternatif perawatan jantung Anda.

Dokter yang bertugas di Rumah Sakit Dr Pirngadi Medan ini menjelaskan, olahraga seperti renang dapat meningkatkan kemampuan jantung untuk mengonsumsi oksigen. Sehingga dapat merangsang pembuluh darah bekerja dengan baik. “Dengan demikian maka dapat menurunkan kadar lemak dalam tubuh yang tinggi,” terang Amran.

Amran menyarankan, olahraga yang baik dilakukan minimal tiga kali dalam seminggu dengan durasi waktu sekitar 30 menit. “Setiap hari juga boleh, namun batas minimumnya tiga kali sehari,” jelasnya. “Bukan saja untuk olaharaga renang, namun juga untuk olaharaga lain yang disebutkan,” tambahnya lagi.

www.harian-global.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }