Cara Membuka Usaha Sendiri

Diposting oleh Tukang Tambal Ban on Dec 3, 2009




BILA INGIN MEMBUKA USAHA SENDIRI
Sekarang, apa sih yang harus Anda perhatikan kalau ingin membuka usaha sendiri?

1. Bidang Usaha
Tentukan lebih dulu, bidang usaha macam apa yang ingin Anda jalankan. Apakah Anda ingin menjalankan usaha rumah makan kecil? Atau apakah Anda ingin membuka toko aksesoris seperti Tini, atau justru ingin membuka sebuah butik? Bagaimana kalau toko suvenir yang menjual pernik-pernik lucu seperti gelas-gelas lucu atau semacamnya? Bisa juga kan? Atau usaha
jaket motor Pada prinsipnya, semua bidang usaha tersebut bisa dibagi menjadi:

Bidang usaha yang jarang atau belum ada.
Beberapa dari Anda mungkin ragu bila ingin memulai bidang usaha yang belum ada atau masih jarang dilakukan. Tapi itu bukan berarti Anda tidak akan sukses. Tengok Aqua. Ketika pertama kali diperkenalkan, banyak orang ragu apakah Aqua bisa berhasil di pasaran, padahal belum pernah sebelumnya ada pengusaha yang menjual air minum dalam botol. Bahkan pada awalnya banyak yang mencibir: apa ada orang yang mau membeli air dengan harga lebih mahal dari bensin? Apalagi kita bisa memasak air minum sendiri di rumah. Nyatanya Aqua sukses besar.

Bidang usaha yang sudah banyak dilakukan
Bisa juga Anda memulai Bidang Usaha yang sudah banyak dilakukan. Kalau tadi banyak orang ragu untuk memulai bidang usaha yang baru, tapi di lain pihak banyak juga orang yang ragu untuk memulai bidang usaha yang sudah banyak dijalankan. Sebagai contoh, banyak wanita yang ragu untuk membuka butik jaket motor, karena di sekitarnya sudah banyak yang melakukannya.

2. Lokasi
Di mana Anda ingin membuka lokasi usaha Anda?
Di rumah sendiri? Atau Anda ingin menyewa sebuah tempat kecil di pinggir jalan? Atau Anda ingin menyewa sebuah ruko? Jangan lupa bahwa dalam beberapa jenis bidang usaha, lokasi memegang peranan yang cukup penting. Anda sendirilah yang harus menentukan lokasi tempat jual jaket motor mana yang tepat dalam usaha Anda. Sekali lagi, lokasi memegang peranan yang sangat penting.

3. Pelanggan
Bagaimana Anda mendapatkan pembeli barang dagangan Anda? Atau bila itu usaha jasa, bagaimana cara Anda akan mendapatkan klien? Apakah Anda akan memulainya dengan mempromosikannya dari mulut ke mulut cth buat
jaket motor murah? Ataukah Anda akan membuat brosur dan meye-barkannya dari rumah ke rumah?

Bersambung ........

http://tabloidnova.com

{ 15 komentar ... read them below or add one }

Dendy said...

ASS....Perkenalkan nama saya Dendy
saya ingin bertanya
saya ingin membuka usaha sendiri tapi sya bingung ingin membuka usaha apa???
tolong kasih saya masukan untuk memulai usaha ya....
terima kasih

Anonymous said...

Untuk mengetahui bidang usaha apa yg akan anda buka, akan lebih baik kalau anda terlebih dahulu mengetahui apa yg anda sukai dan melakukan penelitian apabila hal tersebut marketable atau tidak...contohnya kamu suka olah raga sepak bola, maka ada baiknya kamu mulai berfikir untuk membuka usaha futsal... atau merangkai bunga... dsb... semua berasal dari diri kamu sendiri seh...

ickball said...

boss,...
saya mau mulai usaha toko baju,kyk distro gtu...
tp saya bingung,...langkah awal yg saya harus jalanin apaan yah...
truss klo tentang modal awal,cra mudah dapetin nya dr mana ya,...
mohon bantuan & do'a nya juga ya boss,....

sepatu said...

makasih banyak ya gan

Anonymous said...

sumar:as...perkenalkan nama saya sumar saya mau bertanya usaha apa yang belum banyak orang jalankan tapi menarik di jalankn,dan bagaimana cara mencari barangnya?

Anonymous said...

sumar:as...perkenalkan nama saya sumar saya mau bertanya usaha apa yang belum banyak orang jalankan tapi menarik di jalankn,dan bagaimana cara mencari barangnya?terimakasih banyak,mohon bantuanya.

adio rsvnburg said...

perkenalkan nama saya dio..
saya ingin membuka usaha distro metal kecil-kecilan, tapi saya bingung harus mulai dari mana..
mohon bagi tips untuk memulai usaha saya ya..
terimakasih sebelumnya..

KUMPULAN IDE USAHA DAN PELUANG USAHA LENGKAP said...

Berkunjung nich..jalan-jalan ke blog kawan..nice artikel gan..

ONE-PAY Venus PPOB BRI said...

http://www.ppobpekanbaru.co.cc/

Anonymous said...

knalkan nma sya dd lukman.sya pngen buka usha.tpi bingung mo usha apa.dlu jualan puls udah.aksesoris udh.jualn gorengan pun udah.tpi lom ada yg berhasil.minta doa dan sarannya ya.mkasih sblomny

Rochman Cules Barcaa said...

thanks infonya gan cukup menarik
numpang promo juga gan
join disini yah.... http://www.penasaran.net/?ref=uuew2t

CaraBisnisPulsa said...

Ok gan info yang sangat bagus buat ane, yang jelas manfaat banget.Thanks
Oh ya sekalian numpang link ni gan...mohon jangan dihapus ya gan...

Ini Link-nya :

Bisnis Pulsa Murah
Harga Pulsa Murah
Dealer Pulsa Murah
Agen Pulsa Murah
Cara bisnis Pulsa
Cara menjadi agen pulsa
tips bisnis pulsa
Distributor Pulsa Murah
Pulsa elektrik Murah
Pulsa All Operator Murah
Usaha Jual Pulsa
Bisnis Sampingan
Memulai usaha Jual Pulsa
Cara Jual Pulsa
Cara Berbisnis Pulsa

Agen Pulsa termurah
Dealer Pulsa Paling Murah
Cara Menjual Pulsa

Adang iskandar said...

ok gan tipsnya sangat bermanfaat banget, salam kenal aja...

whildan xenia said...

MEMILIH USAHA YANG IDEAL

Dalam memilih usaha ada beberapa hal yang harus diperhatikan:
BUKAN USAHA TREND ATAU MUSIMAN.
USAHA KEBUTUHAN POKOK MANUSIA.dari pengalaman yang ada bahwa usaha seperti ini prospeknya lebih baik dan jangka panjang.
MODAL.untuk pemula lebih baik usaha yang membutuhkan modal yang tidak terlalu besar.
RESIKO.Dengan modal yang kecil pasti dong resikonya juga kecil.
POLA KERJA.sebaiknya cari usaha yang pola kerjanya tidak terlalu ribet seperti usaha makanan yang pagi-pagi harus belanja,masak,menjajakan,merapikan dagangan dll.
POTENSI PENGHASILAN.dengan usaha kebutuhan manusia berarti petensi penghasilan kita terus menerus nggak ada abisnya kecuali manusia sudah musnah hehe,,,,,,
USAHA PEMBUATAN DETERGEN ADALAH JAWABANNYA.
www.kursusbikindetergen.blogspot.com

diki sulaeman said...

makasih informasinya