Cara Membeli Tiket Pesawat

Diposting oleh malamjumat on Dec 10, 2009



# Perhatikan kapan anda akan melakukan perjalanan. Pastikan anda lakukan perjalanan pada masa Low Season, bukan pada saat Peak/High Season. Peak/High Season biasanya berada pada bulan-bulan yang penuh dengan waktu liburan, seperti liburan hari raya, liburan sekolah, long week end, ataupun tanggal² yang dimungkinkan ada event khusus.

# Belilah tiket pesawat di kantor perusahaan penerbangan atau agen tiketing yang anda percayai. Berhati-hatilah terhadap agen tiketing, terkadang agen² yang “ga jelas” itu suka melakukan kecurangan yang mengakibatkan tiket yang kita beli menjadi tidak valid.

# Tanyakan ketersediaan rute, tujuan dan jam yang anda inginkan.

# Hal terpenting setelah itu adalah mintalah kursi (booking) dengan sub-kelas yang paling rendah atau biasa disebut dengan kelas-promo. Jadi biasanya pesawat (khususnya penerbangan lokal) memiliki 2 kelas (Bisnis dan Ekonomi), namun tiap kelas itu terbagi lagi menjadi beberapa sub-kelas. Jika anda memiliki budget yang terbatas, mintalah kursi pada kelas Ekonomi dengan sub-kelas paling bawah yaitu sub-kelas X (baca : X-Ray) atau biasanya disebut dengan kelas promo. Semakin bawah sub-kelas, semakin murah harganya. Nah pada masa² peak/high season yang telah saya jelaskan sebelumnya, kelas promo ini biasanya ditutup dan tidak disediakan. Namun tidak ada salahnya anda menanyakannya.

# Setelah anda mendapatkan kelas yang sesuai, lakukan proses ticketing seperti biasanya. Tiket bisa berupa hanya selembar kertas, jadi jangan heran jika anda diberikan secarik kertas dengan tulisan yang sedikit transparan. Hal yang paling penting adalah berikan nama anda selengkap mungkin sesuai dengan nama yang tertera pada ID anda (KTP/SIM/Paspor).

# Perhatikan kembali seluruh data yang tercantum di tiket pesawat anda. Pastikan nama anda dan sub-kelas yang anda minta tercetak dengan benar di tiket tersebut.

# Jangan lupa bayar tiket anda. Simpan tiket pesawat anda dengan benar ditempat dengan suhu ruangan normal.

# Datanglah ke bandara 2 jam sebelum keberangkatan. Jangan sampai anda telat dan ketinggalan pesawat

# Yang terpenting saat anda melakukan perjalan menggunakan pesawat adalah perhatikan dan patuhi seluruh peraturan penerbangan yang telah ditetapkan. Jangan sekali-kali melanggar karena akan berakibat fatal pada diri sendiri dan orang lain.

# Have a nice flight

http://yusdi.com

{ 1 komentar... read them below or add one }

bisnis tiket pesawat said...

bacaan yang menarik nih,
kl pake cara ini pasti bisa dpet tiket sesuai keinginan neh.