Wisata Alam, Tempat Berbagi Ilmu dengan Anak

Diposting oleh Wikey on Nov 5, 2009




Belasan anak terlihat mengerubungi kandang kura-kura darat raksasa yang terletak di belakang kafe Godong Ijo, belum lama ini. Godong Ijo sendiri merupakan kawasan Wisata Alam dan tanaman hias yang berlokasi di Jalan Raya Cinangka Km 10 Nomor 60, Serua, Sawangan, Kota Depok.

Anak-anak usia sekolah dasar (SD) itu terlihat asyik mengamati kura-kura yang konon terbesar di dunia. Beberapa di antaranya ada yang berusaha memegang tempurung kura-kura itu. Ada juga yang mengusap-usap kepala kura-kura tersebut.

Meski dikerubungi, kura-kura itu tak terusik oleh tingkah laku anak-anak tersebut. Seolah-olah kura-kura itu mengerti bahwa anak-anak itu tidak bermaksud jahat.

"Besar banget yah..kura-kuranya. Saya ke sini karena ingin lihat kura-kuranya. Katanya terbesar di dunia," kata Farid (7), asal Bintaro, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Finance dan Administrasi Manager Godong Ijo Jane Nadaek menjelaskan, selain kura-kura, ular sanca yang ada di tempat wisata alam yang dikelolanya itu konon juga terbesar di dunia.

"Anak-anak yang datang ke sini tak hanya sekadar melihat atau menonton binatang-binatang tersebut, tetapi juga boleh memegangnya. Ada instruktur yang memberikan arahan," katanya.

"Interaksi dengan hewan reptil itu untuk meningkatkan keberanian dan kepercayaan diri anak. Selama ini kan banyak tempat wisata alam yang hanya mempunyai binatang kerbau," papar Jane Nadaek.

Sahabat alam

Selain sebagai kawasan wisata alam dan tanaman hias, Godong Ijo merupakan tempat wisata alam yang telah menorehkan prestasi dengan meraih peringkat tiga se-Indonesia sebagai Kawasan Wisata Sehat 2009 yang diberikan oleh Departemen Pariwisata.

"Godong Ijo sangat peduli dengan alam, karena itulah prestasi Kawasan Wisata Sehat diraih. Kepedulian itu terutama dalam programnya menanamkan sejak dini mencintai alam kepada anak-anak," kata Kepala Seksi Pariwisata pada Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata, Seni dan Budaya Kota Depok, Lukmanto, belum lama ini.

Jane Nadaek menambahkan, selain memperkenal ratusan jenis tanaman hias yang jumlahnya mencapai ribuan pohon, Godong Ijo mempunyai program unggulan dalam mengajak anak-anak mencintai alam. Program tersebut adalah Sahabat alam.

Sahabat alam dengan konsep dengar, lihat, dan rasakan merupakan program pendidikan lingkungan yang dikemas sesuai dengan tumbuh kembang anak.

"Interaksi langsung dengan hewan reptil seperti ular, kadal raksasa, kura-kura darat raksasa menjadikan pengalaman dan pembelajaran di wisata alam yang sangat berharga dan tak terlupakan," katanya.

Selain sebagai lokasi pembelajaran alam untuk anak-anak, di Godong Ijo Asri kita bisa juga menikmati makanan sehat di Kafe Combrong dan tentu saja membeli tanaman hias, seperti adenium, aglonema, dan palem.

wartakota.co.id

{ 0 komentar ... read them below or add one }