Tips Perawatan Pemanas Air

Diposting oleh Wikey on Nov 11, 2009




Berbagai macam kebutuhan rumah tangga menjadi semakin praktis berkat kehadiran teknologi. Salah satu teknologi yang kini mulai menjadi primadona di rumah-rumah adalah teknologi Pemanas Air Wika (water heater). Paling tidak ada tiga jenis pemanas air yang tersedia di pasaran. Ketiga jenis itu adalah pemanas air dengan tenaga listrilk, gas, dan matahari. Jika Anda ingin membeli salah satu dari ketiga jenis pemanas air tersebut, jangan lupa memperhatikan faktor keamanan, hemat, dan kenyamanannya.

Memilih pemanas air wika dengan fitur-fitur unggulan yang tepat akan membuat pemanas air Anda bekerja maksimal dan awet. Selain itu, ada cara untuk menjaga agar pemanas air wika tetap awet dan tahan lebih lama, sebab sebuah perawatan itu sangatlah penting dan sangat di anjurkan :

1. Pastikan air yang mengalir dalam water heater (pemanas air wika) bersih-tidak mengandung kapur yang terlalu tinggi atau partikel-partikel kecil seperti pasir dan debu, supaya tidak membuat aliran air tersumbat yang bisa mengakibatkan kerusakan pada alat. Lengkapi kran air dengan filter.

2. Water heater (pemanas air wika) perlu dibersihkan secara berkala, minimal setahun sekali. Supaya lebih aman minta bantuan ahli atau teknisi untuk membersihkannya.

3. Tangki penampungan pada water heater listrik sistem tangki, perlu dibersihkan secara berkala dengan mengeluarkan seluruh air yang tertampung di dalamnya. Bersihkan juga elemen-elemen yang ada di dalamnya. Ganti magnesium anode-nya tiap 2 tahun, untuk mencegah timbulnya karat, Jika tidak diganti lambat laun tangki akan mengafami korosi yang dapat mengakibatkan kebocoran.

4. Periksalah safety valve secara berkala. Safety valve adalah semacam alat pengaman tekanan berlebih pada tangki (pemanas air wika). Alat ini akan menjaga suhu tangki tetap stabil. Agar tidak terjadi penyumbatan air, naikkanlah tuas safety valve secara berkala agar air dapat mengalir.

iyangmulia.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }