Tips Mengenal Layanan GPS Maggelan

Diposting oleh Unknown on Nov 3, 2009



1. Apakah layanan gps itu berbayar?
Layanan gps via satelit sampai saat ini tidak berbayar dan inipun sudah cukup, kecuali kita berlangganan extra features yang mana hanya tersedia di us atau eropa (garmin online, etc) seperti weather report, traffic report, fuel price update etc.
Layanan
gps garmin via mobile phone network tentu berbayar, setidaknya dikenai biaya gprs untuk send-receive data dan air time, belum lagi kalau ditambah layanan2 lain via wap service

2. Apakah mengunakan gps itu rumit?
Tidak, paling hanya memerlukan initial setting layaknya mengoperasikan hp/smartphone, setelah itu tinggal touch and go

3. Mengapa harga software peta asli mahal?
Di bangkok, kalau membeli software
gps murah peta saja harganya cukup mahal, sekitar 3-4 juta rupiah, namun kalau membeli dengan unit gps garmin, peta diberikan secara gratis. Kenapa mahal? Tergantung dari detail yang disediakan, peta yang bagus memiliki database poi yang lengkap, termasuk aturan lalu lintas terkini termasuk titik untuk u-turn (bayangkan saja jalanan sepanjang warung buncit sampai kuningan, ada berapa lokasi u-turn yang harus di data, itu baru satu lajur dari satu kota, software thailand street map mencakup peta jalan dan poi database dari seluruh kota di thailand), dan kalau membeli peta resmi kita akan dapat menerima update peta secara gratis (tergantung provider). Jadi misalnya mau kita jjb (jalan jalan bareng) ke jogja, tinggal search nama hotel yang dituju, kalau ada di dalam database gps murah, kita bisa langsung dipandu sampai ke hotel. Mau mencari lokasi suatu alamat, pompa bensin, restoran, museum, mesjid, gereja, rumah sakit, supermarket, bioskop, pasar,atau tempat2 wisata lainnya, tinggal key in saja.

Yang paling asik ialah ada satu option di
gps garmin yang bernama home. Tinggal pilih option ini di manapun kita berada, kita akan langsung dipandu pulang sampai ke rumah! Persis seperti fungsi autopilot, sayang mobilnya nggak bisa nyupir sendiri 8-). Banyangkan setelah puas muter2 di lembang-maribaya, mau pulang ke jakarta, nggak usah nanya2, pencet home langsung dipandu sampai rumah. Saya sudah berkali-kali memakai option ini, dari pelosok2 taman nasional (national park reserve) di thailand, di mana orang2 nggak bisa membaca tulisan latin, boro-boro bahasa inggris, alhamdulillah tidak pernah perlu menanyakan arah pulang ke bangkok! (selama kita stay on the chartered road).



Http://gadgetandstuff.blogspot.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }