Solusi Mata Lelah di Depan Monitor Komputer

Diposting oleh malamjumat on Nov 26, 2009



Berapa jam sehari anda menghabiskan waktu bekerja menggunakan komputer ? Baik untuk bekerja, browsing ataupun main game. Melihat monitor komputer secara terus menerus dan dalam jangka waktu yang lama, akan mengakibatkan mata lelah dan pusing. Belum lagi kalau posisi anda duduk di kursi kantor yang harus diperhatikan. Mungkin beberapa tips di bawah ini bisa membantu mengurangi mata lelah saat anda bekerja menggunakan komputer karena harus memandang monitor dalam jangka waktu yang lama.

1. Jaga jarak pandang dari monitor
Jarak mata yang terlalu dekat akan membahayakan mata anda. Jarak aman yang dianjurkan adalah 50 – 100 cm. Jika pada jarak terdekat (50 cm) anda masih kesulitan untuk membaca/melihat, zoom atau besarkan tampilan di monitor sampai anda merasa nyaman untuk melihatnya. Jadi atur jarah duduk kursi kantor dengan jarak monitor.

2. Atur setting monitor
Sebagian besar monitor menyediakan menu untuk mengatur tampilan monitor. Atur menu contrast, brightness, color, dll sampai anda mendapatkan settngan yang pas untuk monitor anda.

3. Gunakan LCD monitor

Pertimbangkan untuk mengganti monitor tabung (CRT) anda dengan monitor LCD. Tetapi harga monitor LCD jauh lebih mahal dibandingkan dengan monitor CRT. Apabila masih belum ada budget untuk mengganti monitor anda ke monitor LCD, anda bsa mempertimbangkan untuk menggunakan filter anti radiasi. Lumayan untuk mengurangi rasa sakit di mata dan radiasi.



4. Istirahatkan mata anda
Cara paling mudah dan murah untuk mengurangi rasa sakit pada mata anda adalah mengistirahatkan mata anda secara berkala. Maksudnya, usahakan dalam 1 jam anda mengistirahatkan mata anda 5 menit untuk tidak menatap monitor. Anda bisa mengalihkan pandangan ke tempat lain, berdiri dan berjalan di sekitar meja anda, membasuh muka dan lain sebagainya. Intinya adalah alihkan pandangan mata anda dari monitor untuk beberapa saat.

http://masjun.net

{ 0 komentar... read them below or add one }