Pintar Menentukan Souvenir Pernikahan

Diposting oleh malamjumat on Nov 10, 2009


Ketika Anda menghadiri atau mengadakan pesta pernikahan, satu hal yang seringkali diberikan kepada tamu adalah souvenir pernikahan.

Biasanya ini diberikan oleh penerima tamu dibagian depan. Begitu selesai mengisi buku tamu, dan mereka akan memberikan sebuah benda untuk Anda.

Bentuk dari souvenir pernikahan pun beragam. Mulai dari potongan kuku, gantungan kunci, tempat uang receh, permen yang dihias, keramik, dan masih banyak lagi. Tentunya berbeda dengan oleh-oleh biasa yang biasanya seperti baju branded atau alat elektronik, playstation yang dibeli di toko elektronik terkenal, dll.

Biasanya, pada ujung souvenir akan digantungkan ucapan sebuah kertas kecil yang dilipat, berisi ucapan terima kasih dari pengantin.

Memang, souvenir pernikahan tidak mutlak ada. Namun, jika Anda memiliki anggaran, mengapa tidak Anda juga menyiapkan untuk tamu Anda. Toh, Anda pasti akan senang bukan jika mendapatkan sovenir cantik dan lucu ketika menghadiri pesta pernikahan teman Anda?

Memilih souvenir perkawinan tidaklah harus mahal. Anda bisa membelinya di pasar tradisional maupun modern. Jika Anda membeli dalam jumlah banyak, maka harganya jauh lebih murah. Bahkan, jika Anda pandai memilih dan menawar, sebuah souvenir bisa Anda dapatkan dengan harga sekitar seribu rupiah saja.

Nah, jika Anda memiliki waktu persiapan pesta pernikahan yang cukup, Anda bisa memesan jauh hari sebelumnya. Dengan demikian, Anda bisa menambahkan inisial nama Anda dan suami pada souvenir pernikahan yang akan Anda pesan.

Ini akan lebih menarik, karena meski harga produk Anda tergolong murah, namun akan terasa unik dengan torehan nama pada souvenir. Tentu saja produk ini tidak akan ditemukan di toko manapun juga.

Sebelum memutuskan dan memesan souvenir pernikahan Anda, tidak ada salahnya Anda melakukan riset dulu ke internet, atau menanyakan ke saudara mengenai hal ini. Jika Anda tidak pengalaman, bisa jadi Anda akan mendapatkan harga yang mahal.

Sayang bukan, hanya untuk urusan souvenir, hanya akan kehilangan banyak rupiah. Sedangkan pesta pernikahan Anda sendiri pun membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Berikut tips menentukan souvenir pernikahan yang tepat :

1. Ketahui dengan pasti jumlah tamu yang akan Anda undang

2. Perkirakan budget yang Anda anggarkan untuk souvenir

3. Lakukan pencarian dan penawaran untuk mendapatkan harga souvenir sesuai budget Anda

Jika Anda mengalami masalah dalam hal keuangan, Anda bisa menyiasatinya dengan cara berikut :

1. Letakkan souvenir pernikahan di meja tamu perempuan. Sehingga setiap pasangan suami istri, cukup mendapatkan satu souvenir saja.

2. Membedakan souvenir untuk tamu laki-laki dan perempuan

Oh ya, Anda tidak perlu melakukan semuanya sendirian. Anda bisa meminta orang lain untuk mengurus masalah ini. Apalagi jika Anda menggunakan jasa wedding organizer, bisa jadi souvenir pernikahan sudah termasuk dalam paket tersebut. Satu hal yang tidak kalah penting, jangan mempersiapkannya secara mendadak, sehingga pilihan Anda menjadi asal-asalan. Selamat berburu!

www.anneahira.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }