Persiapan Acara Ulang Tahun Anak

Diposting oleh Wike Furyandi on Nov 23, 2009




Anak mulai mengerti arti ulang tahun, saat mereka berusia 3 tahun, mereka mulai memahami, ulang tahun adalah sesuatu yang istimewa, sesuatu yang diperuntukkan bagi dirinya. Di usia ini, anak mulai mengembangkan konsep bahwa ia punya identitas. anak juga harus mengembangkan sense of initiative, yaitu tahap di mana anak penuh dengan inisiatif, ide-ide baru, dan pertanyaan-pertanyaan yang di antaranya tertuju ke dirinya.

Sangat penting melibatkan anak dalam persiapan pesta . Mulai dari bentuk kue ulang tahun, siapa saja yang ***ndang, apa saja acaranya, dekorasinya, dan seterusnya Anak harus secara kreatif dilibatkan.

Sebagai orangtua, kita memiliki keinginan untuk membahagiakan anak, dengan membuat pesta pesta ulang tahun, namun sebaiknya, anda dapat menyesuaikan pesta tersebut, dengan usia anak, agar pesta dapat berlangsung dengan meriah, berkesan dan tidak sia sia untuk anak seusiannya.

Usia 3
Untuk anak seusia ini, Anda dapat mengundang antara 8-10 anak dengan lama pesta 1-1,5 jam. Pada usia ini, anak sudah lebih yakin pada dirinya dan lebih mantap dibanding tahun-tahun sebelumnya. “Anak-anak usia ini adalah penggembira. Keterampilan fisiknya lebih baik, kemampuan berbahasa serta berkomunikasinya lebih banyak. Ini membuat mereka bersikap positif dan lebih suka bergaul

Usia 4
Anak senang sekali bergaul dengan teman-temannya. Mereka juga suka berdandan, menjadi seorang tokoh atau binatang yang menarik baginya dan berperilaku seperti mereka.Mulai usia 3,5 tahun biasanya anak menunjukkan tingkah laku yang penuh gejolak dan pemberontakan. Anak pun akan diliputi kebimbangan antara rasa malu dan bertindak penuh percaya diri. Mereka berusaha dengan sekuat tenaga untuk memahami kerumitan dunia di sekitarnya dan mereka ingin menjadi lebih besar serta lebih mandiri.

Di usia ini, mereka sudah cukup bisa menikmati segala jenis kegiatan pesta jumlah undangan antara 10-15 anak dengan lama pesta tak lebih dari dua jam. Ingatlah, jumlah tamu di usia ini lebih banyak dan mereka pun lebih suka makan serta lebih aktif dibanding tahun lalu.

Usia 5
Umumnya mereka mudah bergaul, periang, baik hati, dan mulai belajar memberi dan menerima. Mereka senang menjadi anggota kelompok, tapi masih belum dapat benar-benar memperhatikan kebutuhan anggota kelompok. Mereka mempelajari lebih banyak cara untuk menelaah dan mengendalikan lingkungannya.

Sampai usia ini, biasanya seorang anak sudah pernah menghadiri sejumlah pesta ,Pada beberapa pesta, anak diharapkan bersikap tenang dan sopan, menunggu giliran melakukan kegiatan, dan menjaga agar tidak mengotori rumah. Pada ulang tahun kelima, jumlah tamu yang ***ndang antara 15-20 anak dengan lama pesta sekitar dua sampai dua setengah jam.

Tempat , acara dan lama pesta

Alternatif tempat pesta bisa di rumah atau di tempat umum seperti hotel, taman hiburan, atau restoran, tergantung lingkungan anak Bahkan sekolah dan panti asuhan juga bisa dijadikan alternatif pilihan tempat pesta. Yang penting, anak dilibatkan dan diberi pengertian, mengapa tempat tersebut dipilih.

Secara umum, acara yang bisa dihadirkan untuk meramaikan pesta tersebut, adalah Badut, story telling, kuis, dan beberapa acara yang membutuhkan aktifitas motorik anak.

Idealnya lama pesta anak, antara 1-2 jam dan dilangsungkan sore hari karena udara cenderung tidak panas dan anak-anak pun sudah tidur siang. Biasanya undangan dimulai pukul 16:00 tapi anak-anak baru kumpul semuanya sekitar pukul 17:00, lalu acara dimulai sampai pukul 18:00, selanjutnya makan sampai pukul 19:00.

berbagai sumber

{ 0 komentar ... read them below or add one }