Perancangan Maket Miniatur Untuk Lift

Diposting oleh Wikey on Nov 11, 2009




Maket Miniatur lift yang akan dibuat harus berdasarkan pada pemodelan dan konstruksi model lift sesungguhnya. Oleh karena itu pertama-tama kita perlu mengetahui bagian-bagian utama dari lift

- cerobong lift
- shaft kabel (dapat terpisah atau menjadi satu dengan cerobong)
- ruang mekanik
- ruang mesin.

Cerobong lift dapat dibuat dengan menggunakan konstruksi yang berfungsi sebagai elemen struktur atau bukan. Jika cerobong ini bagian dari core struktur, maka harus menggunakan dinding beton bertulang. Namun jika cerobong ini bukan bagian dari core, maka cukup menggunakan dinding batubata.

Shaft yang berfungsi menempatkan kabel-kabel daya pada lift dapat dibuat disekitar cerobong lift atau menjadi satu, namun kelemahannya akan sulit dikontrol jika terjadi kerusakan. Ruang mekanik pada lift terdapat di bagian atas, samping dan bawah cerobong lift tersebut. Pada bagian atas diperlukan roda-roda katrol, rell di samping (pada cerobong lift itu juga) dan bantalan shock breaker di bagian bawah. Sehingga pada bangunan, harus disediakan ruang-ruang tersebut. Ruang mesin lift dapat dipasang di atas ataupun bawah. Jika dipasang di atas, atap harus didesain datar sebagai ruang mesin, namun jika diletakkan di bawah, basement dapat digunakan.

Karena yang akan kita buatkan maket miniaturnya adalah sebuah lift penumpang maka perlu kita mengetahui pula tentang kapasitas atau jumlah maksimum penumpang yang dapat dibawa untuk sekali jalan.

one.indoskripsi.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }