Menjual Event Pameran Buku

Diposting oleh Unknown on Nov 24, 2009



Dalam hal menjual event ada pertanyaan yang sangat sering muncul, yaitu bagaimana mencari/memperoleh sponsor ? Pertanyaan yang simpel tetapi panjang jawabannya. Kebanyakan EO atau PH Production House memperoleh keuntungan karena keberhasilannya dalam menjual event. Contohhnya pada saat kedua orang tua Anda akan merayakan Pesta Perkawinan Perak, Anda dapat mencoba menyusun konsep proposal untuk pelaksanaan acara tersebut, seolah–olah orang tua adalah perusahaan calon sponsor. Ini dapat dicoba dengan lingkup terdekat semacam itu dulu, misalnya juga ada temen yang akan merayakan ulang tahun dan lain-lain

Khusus untuk event PH Production House yang sudah masuk katagori profesional yang melibatkan masa dan perusahaan sponsor yang sebenarnya, pendekatan yang dipakai harus berbeda dengan contoh–contoh diatas. Untuk masuk ke dunia event/showbiz, kita harus mempunyai bekal yang kuat secara fisik dan mental. Tidak bisa hanya sekedar iseng mengisi waktu atau coba-coba. Karena sudah mempertaruhkan uang dan kepercayaan pihak lain. Beberapa hal yang dapat dipakai sebagai bekal antara lain :

  1. Membuka pergaulan yang seluas-luasnya dan membuat network untuk relasi, baik terhadap calon klien maupun yang lainnya.Karena relasi yang kita bangun akan sangat membantu.
  2. Sikap tidak mudah menyerah dalam mencari penyandang dana/sponsor PH Production House. Ditolak bukan berarti gagal, terus berusaha dan introspeksi.
  3. Sikap kreatif dan inovatif dalam hal merancang event atau program. Gunakan imajinasi Anda secara maksimal, berikan sesuatu yang berbeda.
  4. Meninggalkan kesan positif bagi semua pihak.
    Peka terhadap situasi dan kondisi yang terjadi di masyarakat, dan juga peka terhadap perubahan.
  5. Membuka wawasan tak terbatas.
  6. Mampu memberikan persentasi dan meyakinkan calon sponsor, perbaiki cara bicara dengan cara banyak mengamati dan membaca buku agar gaya bahasa kita berubah menjadi lebih baik

Mencermati tentang informasi dunia showbiz melaui keaktifan kita menonton, browsing internet, aktif bertanya, aktif membaca dan berani mencoba untuk melakukannya sendiri atau ikut bekerja pada perusahaan yang bergerak di bidang itu, dapat merupakan bekal menjadi EO / PH Production House dan entrepreneur yang handal.

Kekuatan konsep yang tertuang dalam proposal dan kemampuan untuk meyakinkan pada pihak sponsor merupakan langkah awal untuk maju. Sertakan data-data penunjang yang lengkap dalam proposal sebagai bahan pertimbangan sponsor seperti hasil survei, target PH Production House yang jelas dan informasi menganai kompetitor dari produk sponsor. Data-data tersebut menunjukan bahwa konsep yang dibuat bukan konsep biasa, melainkan konsep luar biasa yang dibuat melalui proses riset terlebih dahulu

http://www.12-monkeys.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }