Menikmati Nasi Timbel Santapan Khas Jawa Barat

Diposting oleh Wikey on Nov 23, 2009




Banyak yang mengunjungi Bandung, ibu kota Propinsi Jawa Barat, untuk memanjakan indra pengecap mereka. Bandung menawarkan banyak hal, mulai dari aneka penganan di kaki lima sampai makanan haute cuisine, setiap pengunjung pasti akan menemukan makanan yang sesuai dengan selera mereka, di bumi Parahyangan ini.

Penduduk asli Bandung yang dinamakan suku Sunda memiliki banyak hidangan yang lezat. Dari segi rasa makanan Sunda cenderung lebih hambar namun tetap gurih. (Kecuali kalau Anda mencoba sambal dadak yang terkenal pedasnya itu!) Untuk rasa yang lebih nikmat sekaligus pedas, santaplah Nasi Timbel
hangat dengan sambal dadak. Jangan lupa tambahkan sayur asam sebagai pelengkap hidangan nasi timbel anda. Sedapnya!

Orang Sunda banyak mengonsumsi sayuran, juga sayuran mentah (lalap atau lalapan), seperti timun, tomat, kemangi, terong, kubis, selada, dan sebagainya. Lalapan biasanya merupakan “rekan” dari sambal dadak.

Nasi timbel barangkali merupakan penganan yang paling populer. Biasanya, nasi pulen yang dipadatkan kemudian dibungkus daun pisang ini disantap dengan lalapan, sambal dadak, sepotong ayam (bisa digoreng atau dipanggang), tempe goreng, tahu goreng, secuil ikan jambal goreng. Terkadang nasi timbel bisa juga ditambahkan gepuk (potongan daging sapi yang direndam rempah kemudian digoreng), hidangan pepes (ikan, ayam, jamur, dsb.), tumis sayuran, dan lain-lain. Batagor-baso tahu goreng juga merupakan penganan yang sering dicari. Terbuat dari tahu dan campuran ikan yang dihaluskan beserta tepung, dengan saus kacang khasnya, membuat pecinta batagor selalu merindukan rasanya yang khas.

Untuk mencicipi nasi timbel dan berbagai hidangan Sunda lainnya, Anda dapat mencoba restoran-restoran yang ada di bawah ini. Ada banyak sekali restoran nasi timbel Sunda di Bandung, jadi selama Anda jalan-jalan di kota ini, tak ada salahnya jeli mencari-cari restoran Sunda lainnya.

my-indonesia.info

{ 0 komentar ... read them below or add one }