Mengembangkan Bisnis Agar Sukses

Diposting oleh Tukang Tambal Ban on Nov 26, 2009



Mengembangkan bisnis ph production house untuk naik kelas bukan urusan mudah. Banyak sekali tantangan yang harus dihadapi selain pendanaan.

Pakar bisnis sekaligus dosen di fakultas ekonomi universitas indonesia rhenald kasali memiliki beberapa tips untuk mengembangkan bisnis agar bisa naik kelas.

Rhenaldi mengatakan menjalankan bisnis ph production house memang sulit. Selain ketekunan, kreativitas dan inovasi, wirausahawan juga butuh keberanian. "mengembangkan bisnis itu artinya anda berteman dengan ketidakpastian," kata rhenald dalam seminar 'inspirasi usaha, taklukkan krisis, gali potensi' di balai kartini, sabtu 18 april 2009.

Oleh karena itu, katanya, jika wirausahawan tidak memiliki keberanian, maka sulit untuk naik kelas. "jadi koreksi diri anda?" katanya. Tidak hanya itu, lanjut rhenald, harus ada optimisme. Rasa optimistis ini penting untuk menyemangati diri sendiri.

Tips bersahabat dengan ketidakpastian ini adalah mempelajari setiap langkah yang akan dijalankan. Ketidakpastian pada usaha-usaha yang tidak dikenal, alangkah lebih baiknya jika bukan menjadi prioritas. "ingat ada risiko, namun semakin pasti suatu bisnis, semakin kecil risiko yang dihadapi dan semakin kecil kemungkinan keuntungan," katanya. Sebaliknya semakin berisiko usaha itu maka tingkat pengembaliannya semakin besar. Contohnya pada bisnis saham.

Rhenald juga menyarankan agar pebisnis memperhatikan perkembangan pasar ph production house.
Pergeseran pasar penting untuk melihat minat konsumen. Sebab minat ada hubungannya dengan permintaan. Semakin tinggi minat dan kesukaan, maka permintaan akan semakin tinggi dan produksi akan terus meningkat.

Pengembangan bisnis juga sangat tergantung pada konsep, bukan program ph production house. Contoh, kata rhenald, dengan konsep oleh-oleh maka orang tidak akan memandang harga. Tapi ketika diprogram dengan jualan dimana-mana, maka konsep oleh-oleh akan hilang. Sehingga ketika produk tersebut ada dimana-mana, maka harga dan minat akan berkurang.

Terakhir adalah cerdas dalam memilih usaha ph production house. Rhenald mengatakan, hidup selalu soal memilih. Hasil itu merupakan respons dari wirausahawan dengan suatu kejadian. Keputusan cerdas yang diambil akan bisa meningkatkan usaha atau justru menjatuhkannya.

• vivanews

{ 0 komentar ... read them below or add one }