Menentukan Bank Yang Baik

Diposting oleh malamjumat on Nov 12, 2009


Apakah anda ingin meminjam kredit ke bank apakah untuk usaha, membeli barang, berburu furniture antik, dll. Tapi rata-rata adalah untuk usaha.

1. Tanyakan berapa bunganya, dan jenis bunga apa itu.

Tanyakan dahulu berapa bunga per tahunnya dan itu termasuk bunga apa (bunga efektif, bunga menurun dan atau istilah2 lainnya). Tanyakan apa kelebihan dan kekurangan jenis bunga tersebut secara jelas. Jangan takut di anggap bodoh ato banyak tanya.. toh daripada nantinya terjebak oleh istilah bank. Termasuk kredit tanpa agunan.

2. Tanyakan berapa angsuran per bulan.

Jadi bagi anda yang telah survey ke bank, jangan hanya tanyakan besar bunganya saja, namun tanyakan juga besar angsuran per bulannya. Lalu bandingkan dengan besar angsuran di bank lain (ingat, jangan terpaku pada suku bunga bank).

3. Lihat piramida angsuran.

Inilah hal yang paling penting namun sering dilupakan. Setelah anda menanyakan kedua poin diatas tadi, sebaiknya sewaktu anda survey ke beberapa bank, juga mintalah tabel angsuran dari bank tadi. Tabel angsuran menjelaskan tentang detil pembayaran pokok + bunga dan sisa angsuran setiap waktu selama jangka waktu anda pinjam.

4. Tanyakan detil syarat-syarat lainnya.

Setelah itu, tanyakan detil syarat-syarat lainnya pada bank tersebut. Anda bisa menanyakan berapa biaya administrasi awal (provisi dan sebagainya), biaya notaris, biaya asuransi dan yang terpenting berapa biaya penalti saat anda melunasi sebelum jatuh tempo berakhir.

www.kaskus.us

{ 0 komentar ... read them below or add one }