Memulai Usaha Salon Muslimah

Diposting oleh Wikey on Nov 25, 2009




Assalamualaikum

Saya coba sharing cara memulai usaha salon muslimah (Kursus Salon) meski saya masih belum terlalu ahli dalam hal ini :)

Untuk membuat suatu usaha itu ada 3P yang harus diperhatikan yaitu Place, Price, Promotion.

Place
Tempat memang cukup menentukan, terutama jika segment yang hendak dijadikan sasaran adalah golongan menengah ke bawah. Artinya, harus tersedia akses transportasi seperti angkot. Tentunya jika kita menggunakan rumah sendiri akan lebih menekan budget.

Price & Promotion
Untuk semua hal marketing bisa di perdalam dengan membaca bukunya :)

Kapster
Untuk mencari Kapster ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yaitu diiklankan di lowongan, mencari via teman teman/jaringan. Tinggal kita saja yang pandai-pandai mengelolanya. Misalnya apabila belum berjilbab dengan baik maka di syaratkan agar ketika bekerja wajib menggunakan jilbab. Siapa tahu kedepannya malah dia menggunakan jilbab dengan baik. Tinggal kita saja yang mengelola karyawan (kursus salon) agar sesuai dengan output yang kita inginkan. Pertama kali saya membuka salon, setengah dari karyawan saya tidak menggunakan jilbab. Tetapi, saya tetap wajibkan untuk menggunakan jilbab ketika bekerja. Karena setiap karyawan harus menggunakan jilbab, sekarang mereka telah mengenakan jilbab dengan rapi.

Sebagai tambahan, saya adakan juga pengajian bulanan yang mana sering membahas tentang masalah kejujuran dll. Jadi kita jangan terlalu berharap untuk mendapatkan sesuatu itu yang sudah jadi. Ingatlah kita harus aktif memberikan proses edukasi ke mereka.

Service Yang Ditawarkan
Untuk perawatan rambut yang halal, Insya Allah bisa dipastikan dengan tetap menggunakan bahan-bahan alami. Saya juga telah melakukan pengecekan ke pemasoknya, menanyakan kandungan dari produk (kursus salon) yang ia sediakan. Untuk pewarnaan rambut, saya hanya menggunakan 1 produk yaitu henna. Jika ada produk lain maka saya anjurkan pelanggan untuk membawanya sendiri.

Untuk jenis service (kursus salon) yang ditawarkan, saya menyarankan sebisa mungkin semua jenis treatment disediakan (diversivikasi produk). Tentunya dengan tetap memperhatikan anggaran.

kafemuslimah.com

{ 3 komentar ... read them below or add one }

Supplier ALAT SPA said...

bagus juga dengan adanya salon muslimah tersebut,....selamat semoga bermanfaat

ady;
http://alatsalondanspatermurah.blogspot.com
081331310626

Anonymous said...

Saya ingin sharing mbak,bisakah add fb saya ummi alifa,ato twitter @aritonaharno

Anonymous said...

Mbak saya ingin sharing add fb saya ya, ummi alifa, ato twitter @aritonaharno makasih