Memilih Water Heater

Diposting oleh Unknown on Nov 18, 2009




pemanas air wika atau yang dikenal dengan sebutan water heater saat ini telah menjadi sebuah kebutuhan sangat penting dalam rumah tangga kalangan masyarakat tertentu.

Tipe pemanas air atau water heater di pasaran:

A. Storage water heater (pemanas yang menggunakan tabung penyimpan air)Tipe ini, menggunakan tabung penyimpanan, merupakan tipe pemanas air wika yang sangat disukai oleh umum. Sumber panasnya berasal dari listrik maupun gas, dan penggunaan gas biasanya lebih murah dibandingkan listrik.
Karena menggunakan tangki sebagai tempat penyimpan, maka harus anda perhatikan kebutuhan air yang akan digunakan. Semakin banyak kebutuhan air maka anda harus memilih tangki water heater yang lebih besar dan semakin besar tempat yang anda butuhkan untuk menaruh tangki pemanas air tersebut.
Tipe ini mempunyai kelebihan bahwa air panas akan tersedia setiap saat karena air di dalam tabung akan secara berkala dipanaskan, namun disisi lainnya maka pengeluaran listrik bulanan akan membengkak.

B. Tankless water heater (pemanas yang tidak menggunakan tangki penyimpanan).
Tipe water heater ini tidak menggunakan tabung penampung air, tetapi langsung melakukan pemanasan melalui unit koil yang ada pada saat digunakan oleh anda.
Dengan menggunakan tipe ini maka anda bisa berhemat biaya listrik dibandingkan dengan storage water heater, namun untuk mendapatkan panas yang cukup maka daya listrik di rumah harus cukup besar.
Apa kekurangan pemanas air tipe tankless water heater? Kekurangannya adalah mengenai ketersediaan air panas bagi anda tidak dapat selalu disediakan, apalagi bila anda ingin menggunakan air panas secara berkesinambungan dalam jumlah yang besar.


C. Solar water heater (pemanas menggunakan energi sinar matahari)

Tipe solar heater ini menggunakan energy sinar matahari yang ***bah menjadi listrik. Anda akan banyak berhemat energy listrik pln bila menggunakan tipe yang satu ini. Akan tetapi harga solar water heater dan aircon water ini jauh lebih mahal bila dibandingkan storage water heater maupun tankless water heater.
Disamping itu, alat pemanas tipe solar water heater dan aircon water mempunyai kekurangan instalasi atau pemasangan yang lebih rumit karena harus diletakkan di atas atap rumah dan perlu diingat bahwa panas yang dihasilkan sangat tergantung sinar matahari, sehingga anda perlu mempunyai sumber energi cadangan bilamana sang matahari enggan muncul diatas sana karena tertutup awan selama beberapa hari.



Http://www.citraindahrumahku.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }