Membawa Barang dengan Motor

Diposting oleh malamjumat on Nov 10, 2009


Sepeda motor memang moda transportasi darat yang cukup favorit karena murah, lincah, ekonomis dan bisa bawa barang seperti gambar di sebelah.

Coba kalau lihat ada potensi bahaya apa dibalik semua barang-barangnya yang melebihi kapasitas itu :

1. Lebar barang.

Lebar barang (atau sovenir anda) yang melebihi setang kemudi akan menyulitkan untuk bermanuver terutama di lajur-lajur yang sempit. Karena feeling kita untuk manuver didapat dari pergerakan setang kemudi, sehingga berpotensi nyangkut atau menggores kendaraan lain.

2. Tinggi barang.

Tinggi barang yang melebihi tinggi pengendara akan menambah bidang yang akan menambah hambatan udara. Bila ikatan tidak cukup kuat beresiko barang bawaan akan lepas.

3. Panjang barang.

Panjang barang yang melebihi panjang sepeda motor akan mempengaruhi kemampuan manuver dan pengendara di belakang tidak dapat melihat lampu rem dan lampu belok, sehingga beresiko tertabrak dari belakang.

4. Berat barang.

Berat barang jangan melebihi berat maksimum yang tertera di buku panduan pemilik, karena terkait dengan keseimbangan motor dan keawetan motor.

Motor untuk bawa barang? Ok, tetapi jangan ambil resiko terlibat dalam kecelakaan apakaih kendaraan sendiri maupun rental kendaraan. Kita bukanlah cargo logistic yang membawa banyak barang. Kenali tips membawa barang, prediksi potensi bahayanya dan hindari..untuk hidup kita yang lebih baik.

www.hidupaman.com

{ 1 komentar ... read them below or add one }

Anonymous said...

kalo bisa disertai gambar peraga nya doong biar lebih jelas