Membangun atau Bikin Website Pribadi

Diposting oleh Tukang Tambal Ban on Nov 17, 2009



Bagi Anda yang pengen punya bikin website sendiri, tetapi masih ada kendala keuangan, minim pengalaman bikin website, ga tau menahu apa itu web programming, atau background Anda bukan IT, mungkin cara berikut akan sedikit membantu Anda untuk mewujudkan “keinginan” Anda untuk mempunyai / membuat website sendiri, GRATIS…

Bikin website itu mudah, biar gampang dimengerti, membuat website sama halnya jika Anda mau membuat / membangun sebuah bangunan. Sebelumnya, Saya ingin memaparkan apa-apa saja yang dibutuhkan untuk bikin website (bangunan Anda) :

1. Domain, apa itu domain? domain adalah alamat bikin website Anda, atau sering disebut dengan URL. Analoginya, jika Anda mau bangun rumah, Anda harus punya alamat bukan? contoh : “Jl Semrawut no 13 Jakarta Pinggiran” ini adalah domain rumah Anda pada dunia nyata. Maka, untuk punya “rumah” di dunia maya (internet) Anda juga perlu punya alamat / domain (e.g. namasaya.com, sayakeren.net, dkk). Untuk domain gratis, Anda bisa daftar di www.freedomain.co.nr / dot.tk / co.cc / uni.cc

2. Hosting, setelah punya alamat (domain), Anda harus punya lahan / tanah yang sesuai dengan alamat Anda untuk bisa diisi sesuatu (akan dibangun sesuatu). Di internet, tanah tersebut dinamakan “hosting”. Anda bisa mendapatkan hosting bikin website ini sepaket dengan domain, disini diasumsikan terpisah. Berdasarkan pengalaman Saya, hosting yang bagus, cepat, space besar, stabil, fitur kumplit, dan tentu saja… GRATIS hehehe.. yaitu disini.

3. Content, setelah punya “lahan” dan “alamat”, maka Anda siap membangun bangunan yang Anda inginkan. Bangunan inilah yang disebut (Content). Jadi, orang-orang atau kerabat Anda tidak bingung jika mampir ke “alamat” yang Anda berikan ternyata masih berupa “lahan kosong” tanpa bangunan. Untuk itu, perlu diisi / dibangun sebuah bangunan bukan? Di dalam dunia maya, content ini bisa bermacam-macam, ada website, blog, e-commerce, dkk. Saya rekomendasikan bagi Anda yang mau bikin website pribadi bisa pake wordpress atau joomla!.

4. Tools, supaya ketiga langkah diatas sukses, tentunya Anda butuh suatu “alat” untuk membangun bangunan Anda kan? bisa pake mesin traktor atau alat berat lainnya untuk merealisasikan bangunan Anda. Untuk kasus ini, “alat” tersebut digunakan untuk meng-upload content yang telah Anda persiapkan ke hosting bikin website Anda. Misal Anda mau pake wordpress sebagai content dan mau meng-upload content tersebut, maka Anda butuh aplikasi / tools FTP Client. Tools ini sering dinamakan “FTP Application”. Bisa didapatkan disini.

Yak, Sekian dulu, jika masih bingung kasih comment aj ya… hehehe… terima kasih. Maju terus IT Indonesia!!!

http://bangsanegara.web.id/

{ 2 komentar ... read them below or add one }

ello : LoversoiX said...

Wah, keren. Tp blum kepikiran untuk bikin website pribadi. Masih lebih suka make yg gratis alias mini web alias blog.
Visit me n left comment!

trustsolder02 said...

newbie,Mo nanya mas,kalau cara masang disiennan blog bikinan sendiri dengan hostingan yg gratisan gimana?thanks