Melindungi Rumah Dengan Kanopi Kayu

Diposting oleh Tukang Tambal Ban on Nov 30, 2009




Sinar matahari dan curah hujan dapat memengaruhi kondisi rumah secara signifikan. Kanopi hadir sebagai solusi agar rumah-rumah di indonesia "terlindungi".
arsitektur ruang dan arsitektur interior secara keseluruhan menentukan kenyamanan yang bisa diperoleh penghuninya. Untuk itu, anda tidak boleh sekadar memperhatikan estetika desain yang sesuai dengan tren arsitektur desain dan arsitektur ruangan. Sirkulasi udara di dalam rumah sebaiknya juga mendapat perhatian yang sama. Agar sirkulasi udara lancar, anda dapat membuat tata jendela dan pintu sebagai pusat keluar masuk udara. Ini bukan pekerjaan mudah. Ada satu permasalahan yang harus disiasati secara baik pada rumah-rumah di negara beriklim tropis seperti indonesia, yang notabene memiliki tingkat kelembapan tinggi.
Situasi seperti ini memerlukan penanganan ekstra di arsitektur ruang dan arsitektur interior. Bukan hal yang terlalu sulit juga sebenarnya karena kini sudah banyak beredar di pasaran jenis kanopi dan awning yang cocok untuk rumah indonesia. Awning dikenal sebagai payung jendela rumah. Bentuknya yang cantik dapat menjadi pemanis dekorasi luar rumah. Meskipun tidak umum diterapkan pada rumah keluarga di indonesia, kenapa tidak dicoba?
Pertama kali awning diadaptasi oleh bangsa mesir dan siria. Dalam perkembangannya, komunitas sosial di amerika utara mulai menggunakan awning sebagai payung jendela. Pemakaian arsitektur desain atau arsitektur ruangan paling populer didapati pada bangunan kafe atau resto. Semacam ada keidentikan antara awning dan kafe.
Awning sebenarnya sangat cocok digunakan pada rumah indonesia. "awning bagian dari arsitektur indonesia atau daerah tropis yang memiliki hujan dan matahari yang kuat. Awning seharusnya bisa diterapkan di sini dan bukan menjadi hal yang baru lagi," kata arsitek prapanca muchtar.
Menurut prapanca, arsitektur desain dan arsitektur ruangan dengan penggunaan awning bisa dilihat secara fungsional. Iklim indonesia sangat mendukung penggunaan awning. Matahari, air hujan, atau udara yang masuk melalui jendela dapat diminimalkan. Alhasil, rumah tetap sejuk dan cerah. Umumnya masyarakat indonesia memakai perabotan kayu. Dengan panas dan curah hujan yang tidak menentu, udara menjadi lembap dan tidak bagus untuk perabotan kayu. Awning terbukti mampu menstabilkan sirkulasi udara. Udara yang stabil akan membuat perabotan di dalam rumah menjadi lebih awet. Bahan yang digunakan tidak lagi sekadar kayu dan kain kanvas. Melainkan sudah berkembang menjadi material yang lebih modern. Biasanya pilihan jatuh pada bahan kain akrilik dan poliester. Bahan akrilik kaya tekstur warna dan gelombang sehingga memiliki nilai estetika. Sementara poliester lebih halus dan antijamur. Bahan ini bisa tahan selama delapan tahun



Http://lifestyle.okezone.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }