Mebel Antik Yang Bernilai Tinggi

Diposting oleh malamjumat on Nov 11, 2009


Adanya perabot antik dalam sebuah hunian kini dapat meningkatkan nilai interior rumah tersebut. Bagaimana tidak, mebel-mebel berusia puluhan tahun lalu ini bisa menjadi kebanggaan sekaligus investasi bagi si pemiliknya. Apalagi kalau furniture tersebut dirawat dengan baik, pastinya terlihat lebih indah dan awet.

Sebenarnya, mebel benda antik ini tidak murni dihasilkan oleh para perajin mebel saat ini. Perabot antik ini nyata-nyata sudah ada sejak puluhan tahun hingga ratusan tahun lalu. Wajar jika saat Anda menemukannya, terdapat sedikit cacat/kerusakan pada perabot ini sehingga para perajin memperbaikinya lalu diwarnai ulang dan siap kembali digunakan. Tentunya mereka menjualnnya ke pasaran / dilelang. Itulah sebabnya, perabot antik ini menjadi sasaran perburuan para kolektor karena desain, warna, fungsi maupun nilainya. Toko mebel antik akan menjadi target kolektor.

Namun, menemukan perabot antik yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan dalam sebuah rumah tidak semudah yang dibayangkan. Bisa jadi, sudah susah payah mendapatkan meja atau kursi yang dilelang dengan harga cukup tinggi namun ternyata tidak pas diletakkan di ruangan Anda. Pada kisah yang lain, Anda cukup beruntung mendapatkan warisan meja rias antik peninggalan orangtua. Sayangnya meja ini tidak bertahan lama karena Anda kurang tahu cara merawatnya.

Jika dibiarkan terus, bisa-bisa aura furnitur antik milik Anda akan berkurang. Nah, supaya mebel ini tetap indah dipandang dan digunakan, lakukan tips berikut:

* Gunakan kuas untuk membersihkan perabot kayu jati, rotan, eceng gondok dari debu. Bisa juga Anda pakai vacuum cleaner.

* Jangan pernah mengelap mebel dengan lap, sekalipun lap ini terbuat dari bahan yang sangat halus. Kenapa? Karena lap bisa menimbulkan goresan pada permukaan perabot.

* Lanjutkan dengan memberikan lapisan wax (cairan pelapis furnitur). Caranya, semprotkan cairan pada kain katun/kaus yang kering lalu ratakan pada perabot antik. Tunggu dan lihat hasilnya beberapa menit kemudian. Lap kembali dengan kain kering lainnya.

* Fungsi wax disini untuk memberikan kesan bersih dan bersinar pada mebel. Juga akan melindungi perabot dari debu dan goresan langsung. Anda bisa membeli wax di toko bangunan, dan supermarket.

* Lakukan perawatan rutin ini seminggu sekali.

* Jaga warna mebel antik dengan menjauhkannya dari paparan sinar matahari langsung dan dalam waktu yang cukup lama.

* Untuk bagian anyaman, bersihkan dengan sikat lembut.

* Ganti bantal ataupun alas duduk kursi secara berkala.

* Letakkan perabot dari eceng gondok di tempat yang kering dan cukup ventilasi.

www.propertykita.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }