Lemari Pakaian yang Rapi

Diposting oleh malamjumat on Nov 16, 2009



Pusing saat membuka lemari baju Anda? Atau mengalami kesulitan setiap mencari baju yang ingin dipakai? Mungkin sudah saatnya merapikan lemari anda supaya lebih teratur.

1. Langkah pertama: pisahkan antara
koleksi baju yang akan dipakai, disumbangkan dan dibuang. Sediakan 3 boks untuk masing-masing kategori.
Beberapa pertimbangan untuk mempermudah Anda memilih pakaian yang tetap disimpan :
- Apakah pakaian tersebut menggambarkan gaya berpakaian (sense of style) Anda?
- Apakah pakaian tersebut nyaman? Pas jatuh dibadan? (kebesaran atau kekecilan artinya tidak pas)
- Apakah Anda akan memakai pakaian tersebut dalam waktu (maksimal) 3 bulan kedepan?

2. Setelah mendapatkan pakaian-pakaian yang masih dipakai, pisahkan sesuai kategori berikut : Upper body (t-shirt, polo, kemeja, gaun, blouse), Lower Body (Celana, Jeans, Rok), Tas, Sepatu, Tali pinggang dan scarf.


3. Untuk jenis baju yang digantung, urutkan sesuai panduan berikut : (dari kiri ke kanan)
- Badan : Urutkan dari Upper Body (t-shirt, kemeja, blouse, gaun) ke Lower Body (rok, celana panjang)
- Panjang : Urutan mulai dari yang pendek (contoh : kardigan) ke panjang (contoh : gaun)
- Corak : Urutkan dari koleksi baju bercorak ke corak polos
Tips Singkat : Saat Anda menyusun ulang, letakkan gantungan dengan posisi terbalik (ujung gantungan mengarah kearah Anda). Setelah dipakai dan dicuci, letakkan kembali gantungan dengan posisi yang benar (ujung gantungan membelakangi Anda). Setengah tahun kemudian, cek lemari, jika masih ada gantungan yang menghadap Anda, artinya pakaian tersebut siap untuk disumbangkan.

4. Untuk koleksi baju yang dilipat. Susun dan sesuai kategori baju, misalnya : t-shirt, polo, baju sehari-hari dan baju tidur. Ini akan memudahkan Anda dalam memilih baju sesuai dengan kebutuhan.
Tips Singkat : Biasanya baju yang jarang digunakan akan tertumpuk di bagian bawah. Setelah setangah tahun, coba lihat kembali apakah baju tersebut masi akan dipakai atau sebaiknya disumbangkan.

5. Untuk Ikat Pinggang dan syal, jangan digulung atau dilipat. Gantung & biarkan tergerai kebawah sehingga Anda bisa melihat detilnya. Selain memudahkan Anda dalam memutuskan mana yang akan digunakan, juga menjaga aksesoris tetap dalam keadaan baik.


6. Penyusunan jaket lebih fleksibel. Jaket adalah pelengkap dan bisa digunakan beberapa kali baru dicuci, jadi urutkan dari yang sering dipakai.


7. Pastikan hanger yang Anda gunakan adalah plastik, bukan kawat (biasanya digunakan oleh jasa laundry). Gantungan kawat akan merusak baju dan umumnya akan membuat bagian bahu baju lebih menonjol. Jadi, setelah baju kembali dari laundry, tukarkan gantungan kawat dengan gantungan plastik.


8. Setelah selesai menyusun, jangan lupa untuk terus menjaga lemari tetap dalam keadaan rapi. Jangan sampai Anda harus mengulang langkah-langkah ini 4 bulan kemudian.


Lemari adalah kebutuhan sehari-hari dimana kita akan menemuinya setiap memulai dan mengahkhiri hari, jadi pastikan bahwa lemari anda dalam keadaan rapi dan membuat Anda lebih bergairah ketika menghadapinya


http://emperordeva.wordpress.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }