LED, Lampu Masa Depan?

Diposting oleh malamjumat on Nov 2, 2009


Jika diperhatikan belakangan ini mulai beredar lampu dengan teknologi LED

(Light Emitting Diode) sebagai pesaing lampu bohlam dan neon. Lampu model LED ini memiliki keunggulan pada daya tahan yang lebih lama dan konsumsi listrik yang juga jauh lebih irit. Akankah lampu LED outdoor dan indoor menggantikan Neon sebentar lagi?

Umumnya LED digunakan pada gadget seperti ponsel atau PDA serta komputer.

Tingkat pencahayaan LED dalam ruangan memang tak lebih terang dibandingkan lampu neon, inilah mengapa LED dianggap belum layak dipakai secara luas.

Untungnya para ilmuwan di University of Glasgow menemukan cara untuk membuat LED bersinar lebih terang. Solusinya adalah dengan membuat lubang mikroskopis pada permukaan LED sehingga lampu bisa menyala lebih terang tanpa menggunakan tambahan energi apapun. Pelubangan tersebut menerapkan sistem nano-imprint litography yang sampai saat ini proyeknya masih dikembangkan bersama-sama dengan Institute of Photonics.

Sementara ini beberapa jenis lampu LED sudah dipasarkan oleh Philips. Anda bisa menemui beberapa model lampu LED bergaya bohlam yang hadir dalam warna putih susu dan juga warna-warni. Daya yang diperlukan lampu jenis ini hanya sekitar 4-10 watt saja dibandingkan lampu neon sejenis yang mencapai 12-20 watt.

Selain itu dengan design collection misalnya dengan kreasi sepatu lukis bisa akan menjadi nilai plus untuk lampu LED.

www.infokomputer.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }