Kutil Kelamin

Diposting oleh Unknown on Nov 2, 2009




kutil kelamin memang bukan satu penyakit baru di dunia medis, namun keberadaan kurang begitu populer di kalangan masyarakat kita. Apalagi bahaya yang mungkin ditimbulkan dari jenis penyakit kelamin ini sangat-sangat tidak disadari oleh sebagian besar orang.
kutil kelamin, atau disebut juga condyloma acuminata, adalah kutil atau daging berwarna kulit atau keabuan yang tumbuh di sekitar alat kelamin dan daerah anal pada pria dan wanita. Kutil kelamin ini adalah contoh khas penyakit kelamin menular yang disebabkan oleh virus. Kasus kutil kelamin disebabkan oleh human papillomavirus [hpv], di mana infeksinya bisa jadi tidak tampak secara jelas.
kutil kelamin bisa menjangkit siapa pun, baik pria maupun wanita dan dapat terjadi di usia berapa pun. Kebanyakan kasus kutil kelamin ditemukan pada mereka di usia 17 - 33 tahun. Kutil kelamin adalah penyakit yang sangat menular, bahkan terdapat 60% kemungkinan penyakit kutil kelamin ini tertular dari satu kali kontak seksual saja dengan seseorang yang sudah terlebih dahulu menderita dan kontak seksual tidak harus sama dengan atau berarti intercourse, bisa juga melalui route manual to ******* alias menggunakan tangan atau sex toys.

Bagaimana cara mencegahnya?
obat kutil kelamin seperti vaksin hpv (gardasil) telah diakui fda sejak 2006 yang cocok digunakan pada gadis atau wanita usia 9-26 tahun. Vaksin ini telah terbukti aman dan 100% efektif untuk menghindari infeksi empat tipe hpv paling umum (6, 11, 16, dan 18) pada wanita yang belum terjangkit virus.
Namun, vaksin obat kutil kelamin ini kurang efektif untuk mereka yang sudah terinveksi hpv, dan ia tidak dapat melindungi dari semua tipe infeksi hpv. Saat ini masih dilakukan studi apakah vaksin ini juga aman bagi wanita yang lebih tua dan bagi laki-laki.
Mengingat tak ada perawatan penyakit kutil yang 100% efektif, maka penting untuk menghindari penyebaran infeksi hpv ini, yang menyebabkan munculnya kutil kelamin atau bahkan kanker. Penularan kutil kelamin ini bisa dikurangi jika anda menggunakan kondom dan sedikit menahan aktivitas seksual sampai terapi selesai.
Nah, jika sekarang anda tahu fenomena kutil kelamin yang sangat mungkin menjangkit siapa saja dan di usia berapa saja, alangkah baiknya anda memperhatikan apa yang bisa dilakukan untuk menghindarinya itu. Jangan khawatir, semua belum terlambat. (mht/dyah/rif)



Kapanlagi.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }