Komputer Rakitan dengan Harga Minimalis

Diposting oleh Unknown on Nov 23, 2009




Komputer desktop dibagi menjadi 2, yaitu rakitan dan built up. Komputer rakitan berarti kita memilih parts atau komponen komputer terbaru yang kita inginkan baru kemudian kita rakit menjadi satu kesatuan sehingga memiliki fungsi komputer terbaru seutuhnya. Komputer built up berarti kita membeli jadi sebuah komputer yang telah dirakit oleh vendor atau perusahaan tertentu. Jadi membeli komputer built up persis seperti membeli tv.
Lalu, kenapa kita harus belanja komputer rakitan? Emang lebih bagus yah? Hmm ya dan tidak. Komputer rakitan memiliki nilai lebih di fleksibilitas. Fitur yang diinginkan tergantung tebalnya kantung kita. Semakin tebal, semakin luas pilihan kita.
Komputer built up memang lebih simple pada saat membeli, tapi harga pc built up mahal. Dengan spesifikasi yang sama, pc rakitan bisa lebih murah 40% - 50% daripada pc built up. Kelebihan belanja komputer pc built up yang paling signifikan adalah umur yang lebih panjang dan biasanya disertakan software windows asli.Ok, jadi beli rakitan aja nih. Sip deh

Check list parts pada saat membeli pc:
Processor; pilihan yang paling umum saat ini adalah amd dan intel. Amd menawarkan kinerja yang luar biasa khususnya untuk grafis, sedangkan intel handal untuk segala kebutuhan. Pilihan prosesor lebih ke selera dan kebutuhan. Jika suka main game dan berdisain ria, terutama 3d; amd mantap. Jika untuk kantor, digunakan sehari-hari, untuk server, atau warnet, intel aja deh… yang gampang.
Motherboard atau mobo; wuah ini dia yang paling bikin bingung. Merknya macam-macam begitu juga fiturnya. Yang jelas tanya sama penjualnya apa mobonya cocok dengan prosesor pilihan kita seperti diatas. Merk pilihan saya adalah abit, asus, msi, foxconn, intel. Merk-merk itu sudah terbukti handal, paling tidak menurut pengalaman saya.
Vga card; komputer murah dengan vga card menentukan kualitas gambar dan render biasanya untuk 3d. Ada dua port untuk vga; pci-express (pci-x) dan agp. Pci-x adalah teknologi terbaru dan menawarkan 2 kali kecepatan agp. Biasanya pci-x sudah banyak terdapat di mobo terbaru. Tapi jika hanya dipakai untuk bekerja office, agp sudah lebih dari cukup. Dan jika anda yang berdana terbatas, vga card tambahan ini bisa diabaikan jika mobo anda memiliki built in vga card.
Memory; komputer murah dengan memory atau ram adalah tempat penyimpanan sementara berkecepatan tinggi. Saat ini yang tersedia di pasaran adalah jenis ddr-1, ddr-2. Periksa apakah mobo anda mendukungnya. Ddr-2 jelas lebih cepat daripada ddr-2 dengan harga yang tidak jauh berbeda



Http://www.titiw.com

{ 1 komentar ... read them below or add one }

Anonymous said...

Salam Kenal... Saya Mau Tanya Nich... Kebetulan Saya Mau Merakit Komputer Dengan Kebutuhan Grafis Bagus, Main Game, Internet Yang Tercepat... Kira - Kira Spesifikasi Apa Yang Paling Bisa Memenuhi Kebutuhan Saya Itu... Terima Kasih Sebelumnya Atas Jawabannya...