Kanker Kepala & Leher Akibat Tidak Menjaga Kebersihan Mulut

Diposting oleh malamjumat on Nov 3, 2009


Sudah lama diketahui bahwa penyakit gusi (periodontitis) yang persisten dapat menyebabkan penyakit jantung. Kini sebuah penelitian baru menyatakan bahwa penyakit gusi juga mungkin dapat menjadi faktor resiko dari kanker kepala dan leher.

Penyakit gusi pada dasarnya merupakan kerusakan jaringan gusi dan pendukung gigi akibat proses peradangan yang bisa disebabkan oleh iritasi bakteri plak. Kebersihan mulut yang tidak dijaga dengan baik, misalnya akibat malas menyikat gigi ataupun karena menyikat gigi yang tidak bersih, dapat menyebabkan penumpukan bakteri plak yang selain dapat menimbulkan lubang gigi juga dapat menimbulkan terjadinya peradangan pada gusi. Terkadang kita hanya memperhatikan kebersihan luar saja misalkan perawatan wajah atau hanya sekedar melakukan lilin terapi, dll. Namun perlu mengetahui kebersihan seputar area kepala.

Dalam penelitian ini tingkat keparahan penyakit gusi dilihat berdasarkan banyaknya tulang pendukung gigi (alveolar) yang hilang yang dilihat melalui foto sinar x. Semakin banyak tulang alveolar yang hilang, maka semakin parah tingkat dari penyakit gusi yang diderita.

Ternyata dari setiap milimeter tulang alveolar yang hilang, resiko kanker kepala dan leher meningkat lebih dari 4 kali lipat. Bahkan hubungan ini ditemukan juga pada pasien yang tidak pernah merokok ataupun mengkonsumsi alkohol. Kebiasaan merokok dan mengkonsumsi alkohol jugaperiodontitis merupakan faktor resiko dari kanker mulut.

Peneliti menambahkan bahwa perlu dilakukan penelitian lagi untuk mengkonfirmasi hasil temuan ini. Dan bagaimana cara pengobatan kanker ini butuh penelitian lebih lanjut.

http://gigisehatbadansehat.blogspot.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }