Jenis-jenis Bahan Furniture

Diposting oleh malamjumat on Nov 23, 2009



Sebelum membeli interior furniture maupun jenis furniture lain, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu bahan-bahan yang digunakan untuk membuatnya.

Bahan-bahan untuk membuat furniture terdiri dari berbagai jenis yaitu :


1. Kayu solid
kayu solid yang banyak digunakan untuk interior furniture dan jenis furniture lain adalah kayu jati. Kayu jati ini pun banyak mempunyai ragam dan jenis sehingga harganya bisa bervariasi dari jati yang satu ke jati yang lain. Perbedaan umur kayu jati sendiri akan menghasilkan perbedaan harga yang lumayan, dimana kayu jati muda dan kayu jati tua bisa mempunyai perbedaan sampai 2 kali lipat. Kayu jati dikenal tahan cuaca dam tahan melawan serangan rayap. Kayu-kayu lain yang cukup terkenal adalah kayu Sungkai dan kayu nyatoh.

2. Kayu Lapis atau plywood
Kayu lapis atau kita kenal juga dengan nama multipleks adalah kayu olahan yang dibuat dengan merekatkan beberpa lembaran kayu dengan mesin bertekanan tinggi. Ketebalannya bervariasi dimulai dari 4mm s/d 18 mm. jenis kayu ini banyak digunakan untuk pembuatan kitchen set, lemari ataupun wardrobe.

3. Blockboard
Blockboard adalah kumpulan kayu berbentuk kotak kecil yang disatukan dan dipadatkan oleh mesin bertekanan tinggi dan diberi lapisan di kedua sisinya, dimana lapisannya bisa menggunakan venner kayu jati, sehingga hasilnya disebut teakblok. Banyak juga digunakan oleh pembuat kitchen set, lemari, meja dan lain-lain.

4. HDF & MDF
HDF (High Density Fibreboard) & MDF (Medium Density Fibreboard) terbuat dari kayu sisa hasil perkebunan. HDF lebih padat dan kuat dibanding MDF.

5. Particle board
Particle board terbuat dari hasil sisa pengolahan kayu, seperti serbuk gergaji, potongan kayu kecil-kecil yang diolah dengan bahan kimia sedemikian rupa sehingga menjadi lembar yang utuh. Kurang kuat jika dibandingkan dengan bahan-bahan furniture lainnya dan termasuk paling murah.

http://daffa-meubel.blogspot.com

{ 0 komentar... read them below or add one }