Honda Freed yang Heboh

Diposting oleh malamjumat on Nov 5, 2009


PT Honda Prospect Motor (HPM) menunjukkan kepada wartawan sosok Honda Freed seutuhnya dalam acara media preview di XXI Ballroom, Djakarta Theater. Dibukanya selubung oleh Presiden Direktur HPM Yukihiro Aoshima dan Marketing & Aftersales Service Director PT HPM Jonfis Fandy sebagai jawaban kalau mini MPV ini jadi dipasarkan di Tanah Air.

"Sekaligus menjawab kesimpangsiuran selama ini, seperti apa spec-nya dan bagaimana mesinnya," sebut Jonfis. Ia juga mengatakan, Freed ini akan dipasarkan dalam bentuk CKD, dan Indonesia menjadi basis produksi untuk negara-negara ASEAN.

Dipercayakannya Indonesia untuk memproduksi kendaraan 7-seater ini oleh prinsipal (Jepang), menurut Jonfis, karena segmen MPV di Indonesia cukup besar. "Selain itu, kita kan sudah punya yang 5-seater. Kehadiran Freed ini akan melengkapi produk Honda," jelasnya.

Di Jepang, Freed sudah diluncurkan sejak Mei tahun lalu. Di luar dugaan, modelnya mendapat sambutan dengan meraih penjualan tertinggi di kelompoknya, minivan sebanyak 60.035 unit (sejak Mei 2008 sampai Februari). Tak cuma itu, mobil Honda Freed dinobatkan sebagai "Best Value" pada Japan Car of The Year 2008-2009.

Ketika ditanyakan, kenapa di Indonesia baru Juni nanti dipasarkannya? "Kami harus mempelajari beberapa spesifikasi dan itu butuh waktu yang cukup lama, kira-kira setahunlah," urai Jonfis. Hal itu termasuk pemilihan 7-seater dengan melakukan berbagai survei, di antaranya menyangkut styling, utility, performance, dan gengsi.

Meski kondisi pasar otomotif di Indonesia belum bersinar cerah, tetapi Yukihiro Aoshima yakin, kehadiran Freed bisa memberi pilihan baru bagi konsumennya. "Karena Freed menjadi generasi baru dengan menawarkan berbagai fasilitas menarik, seperti desain, style, fitur, dan masih banyak lagi," sebutnya.

Karena acara hari ini berupa soft launching, makanya rentetan pertanyaan, baik di seputar harga, spesifikasi secara detail, maupun target penjualan masih disimpan oleh Jonfis. Namun, kepada Kompas.com, ia menyebutkan kalau harga Freed ini nantinya di atas Honda Jazz. "Pokoknya tidak terlalu mahal, juga terlalu rendah, dan hanya ada transmisi otomatis," bocornya.

Akankah Honda freed menjadi armada Jakarta rent car nantinya?

http://otomotif.kompas.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }