Hematnya Lampu LED

Diposting oleh Tukang Tambal Ban on Nov 26, 2009




Walaupun ide penggunaan led (light emitting diode) sebagai pengganti bola lampu konvensional memang bukan barang baru, namun harapan para ilmuwan agar lampu led outdoor dan led indoor ini benar-benar memasyarakat tampaknya belum mendapatkan hasil memuaskan. Beberapa faktor seperti harga yang lebih tinggi dari lampu biasa dan warna cahaya yang terlihat aneh membuat lampu alternatif ini kurang disukai.
Lighting science group saat ini sedang mendesain beberapa contoh lampu led yang diklaim memiliki warna yang jauh lebih alami dari generasi sebelumnya. Lampu-lampu ini didesain agar dapat dipakai pada soket lampu biasa sehingga akan lebih memudahkan pengguna yang akan beralih ke lampu ini.
Beberapa keunggulan dari lampu led outdoor dan led indoor yang diharapkan agar memacu minat masyarakat antara lain adalah umur lampu led outdoor display dan led lights yang lebih panjang dari pada lampu konvensional. Bila lampu biasa sanggup menyala dalam waktu 750 sampai 3 ribu jam, led outdoor display dan led lights mampu bertahan hingga 50 ribu jam atau kurang lebih 10 sampai 30 tahun penggunaan normal.
Di samping itu, lampu led outdoor lights ini diklaim mengkonsumsi daya listrik 80% lebih hemat dari bola lampu biasa. Otomatis dengan konsumsi listrik yang lebih sedikit, maka biaya operasional lampu ini pun jauh lebih murah.
Namun walaupun usia pakai yang lebih dari 10 kali lipat lampu biasa dan konsumsi daya yang 80% lebih hemat, namun untuk mengeluarkan biaya antara us$40 sampai us$110 per lampu led outdoor lights mungkin masih terlalu tinggi untuk kebanyakan orang.




Http://www.kapanlagi.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }