Genset Pilihan Terbaik

Diposting oleh malamjumat on Nov 3, 2009


Fungsi Genset juga sangat erat sekali dengan penghidupan daya listrik, dengan genset kita masih dapat menyalakan lampu, dan tanpa menggunakan listrik. Sebelum Anda membeli mesin genset, mungkin panduan dibawah ini akan membantu Anda.

1. Hitunglah kebutuhan listrik yang akan di pergunakan

Hitung semua daya yang akan dipakai genset tersebut, fikirkan “akan menggunakan apa saja ketika akan memakai genset tersebut?”, untuk memudahkan penjumlahan, baiknya semua satuan dikonversi ke dalam satuan yang sama. Kalau tidak ingin repot, lihat saja kapasitas daya listrik yang terpasang di rumah.

2. Tentukan berapa besar daya genset yang di butuhkan.

Contoh kebutuhan listrik di rumah adalah 900 VA maka genset yang di butuhkan sekurang-kurangnya sama atau sedikit lebih besar dari 900 VA sebagai spare misalnya untuk mengantisipasi seandainya ada teman yang datang nonton bola sambil bawa TV sendiri.

3. Jika gensetnya sudah ada maka untuk memfungsikan genset tenaga sekunder butuh sedikit instalasi pada sistem listriknya, perangkat yang di pasang di sini adalah switcher untuk mengaktifkan kapan daya listrik di pergunakan dan kapan dayanya menggunakan genset. Ada juga perangkat tambahan seperti alarm yang gunanya untuk memberitahukan kalau listrik sudah menyala kembali. Sebagai tambahan sebenarnya ada alat otomatis untuk melakukan fungsi ini tapi harganya agak mahal.

4. Setelah instalasi selesai, genset sudah dapat digunakan.

5. Cari genset yang menggunakan bahan bakar yang mudah di dapatkan di sekitar rumah, karena ada juga genset yang menggunakan solar, adapula yang menggunakan bensin.

6. Pilih genset yang “soundproff” agar suaranya tidak menganggu. Beberapa produsen genset sudah menyediakan tipe yang soundproff.

7. Letakkan genset di tempat yang aman dan jauh dari jangkauan anak-anak.

Nah begitu banyak kebutuhan rumah tangga, ceklah mana yang harus dibutuhkan sesuai fungsinya. Yang jelas harus jeli memilih alat rumah tangga lain seperti pipa rumah/pipe distributor maupun atap rumah, kunci rumah, duplikat kunci mobil, dll.

Semoga bermanfaat.

www.ceklagi.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }