Cara Memilih Bengkel Mobil Langganan

Diposting oleh Wike Furyandi on Nov 30, 2009




Memiliki kendaraan identik dengan memiliki bengkel langganan. Baik motor ataupun mobil. Begitu Anda memiliki mobil, Anda lazimnya langsung mencari Bengkel Modifikasi untuk kebutuhan perawatan dan perbaikan kendaraan Anda.

Anda sangat dianjurkan untuk tidak menggonta-ganti bengkel. Penanganan kerusakan atau perawatan kendaraan oleh bengkel modifikasi yang berbeda-beda akan memberikan dampak yang kurang baik. Jangan sampai mobil Anda malah jadi compang-camping, lantaran onderdil di dalamnya belang-belang dan ***tak-atik oleh banyak orang.

Bengkel modifikasi langganan akan lebih mengenal karakteristik permasalahan pada kendaraan pelanggannya. Anda pun jadi lebih mengenal kinerja para mekanik bengkel tersebut. Jadi, sebaiknya Anda tetapkan saja satu bengkel modifikasi sebagai bengkel langganan.Namun, sangat penting mengetahui bahwa hak-hak Anda sebagai konsumen untuk mendapatkan bengkel modifikasi dan teknisi yang berkualitas akan terpenuhi.

Untuk itu, ada baiknya Anda memperhatikan tips berikut ini :

1. Mintalah rekomendasi dari keluarga, teman, atau orang lain yang dapat dipercaya tentang beberapa bengkel dan teknisi yang berkualitas. Akan lebih bagus jika Anda memilih bengkel resmi dari merk kendaraan Anda. Antara lain karena penggantian onderdilnya akan menggunakan sukucadang yang orsinil.

2. Dari beberapa bengkel tersebut, pilihlah salah satu yang relatif lebih efektif dan efisien. Penyeleksian bisa mencakup harga, jarak bengkel dari rumah Anda, jaminan perbaikan kembali, pelayanan, bonafiditas, dan lain-lain.

3. Jika mungkin, hubungi lembaga-lembaga otomotif pemerintah atau yang independen, untuk mencari keterangan tentang reputasi bengkel modifikasi tertentu.
Lembaga ini bisa juga berfungsi sebagai tempat pengaduan, jika Anda merasa dirugikan oleh pelayanan sebuah bengkel.

4. Anda boleh bersikap skeptis pada iklan-iklan bengkel modifikasi yang menggembar-gemborkan biaya murah.
Bisa saja bengkel tersebut mengenakan tarif murah karena memang kualitasnya tidak menjanjikan. Lebih baik agak mahal, tapi perbaikannya terjamin.

5. Begitu Anda mendapatkan bengkel modifikasi yang dapat dipercaya, jadilah pelanggannya.

6. Anda bisa saja minta kepada manajer bengkel modifikasi untuk menunjukkan lisensi dan registrasi bengkel serta teknisi yang ada, dan juga yang memenuhi kualifikasi hukum.

7. Kalau perlu Anda bisa melihat sertifikat para teknisi di sebuah bengkel modifikasi.
Langkah ini berguna untuk melihat kualifikasi, kompetensi, dan spesialisasi teknisi. Right man in right place. Yakinkan dulu bahwa Anda mendapatkan teknisi yang tepat untuk masalah kendaraan yang tepat. Ibarat di salon rambut, jangan sampai tukang creambath atau tukang keramas memotong rambut Anda. Kecuali, jika dia juga punya sertifikat memotong rambut. Anda bisa saja mengganti bengkel langganan, setelah Anda perhitungkan bahwa bengkel modifikasi langganan Anda ternyata mempunyai kinerja yang buruk dan selalu merugikan Anda.

Selamat memilih!

buletin.melsa.net.id

{ 0 komentar ... read them below or add one }