Bisnis Sandal Rumah yang Menjanjikan

Diposting oleh malamjumat on Nov 10, 2009


Memakai alas kaki memang sudah menjadi keharusan agar kaki senantiasa terlindungi. Sekarang ini, orang memakai alas kaki tidak hanya saat keluar rumah. Saat berada di dalam rumah, orang sudah biasa memakai alas kaki berupa sandal rumah. Biasanya, sandal ini berbentuk tipis, lembut, dan ringan.

Namun, bentuk dan warna sandal rumah yang banyak dijual di pasar cenderung tidak bervariasi. Umumnya, sandal itu hanya berwarna putih polos dan tidak ada hiasannya. Nah, seorang ibu rumah tangga bernama Irfa Aryani memanfaatkan hal ini buat berbisnis.

Irfa membuat sandal rumah dengan menambahkan pelbagai hiasan binatang pada sandal buatannya atau sandal lucu layaknya tas etnik yang beranekaragam. Ia juga membuat warna sandal lebih beragam. Irfa mulai membuat sandal rumah pada tahun 2005. Modal awalnya hanya Rp 2 juta. Ia memakai uang itu untuk membeli bahan dasar berupa kain dakron untuk isian kepala sandal dan karpet tipis sebagai alas sandal. "Waktu itu, saya membuat 12 sampel sandal berbentuk binatang seperti sapi, kuda nil, dan agjing," katanya.

Irfa membuat sendiri pola sandalnya. Tapi, untuk pembuatan alas sandal dan penjahitan, seorang tukang membantunya. Setelah jadi, is menitipkan sandal buatannya ke temannya untuk dijual. Ternyata, peminat sandal buatan Irfa ini cukup banyak. Mungkin bisa dikembangkan dengan menggunakan bordir komputer.

Irfa juga sempat menitipkan sandalnya ke gerai-gerai yang ada di sebuah pusat perbelanjaan ITC di Jakarta. Tapi, ternyata di tempat ini banyak yang meniru produknya. Sehingga, ia memutuskan berhenti menitipkan sandalnya. Akhirnya, ia menjualnya sendiri dengan membuka konter atau kios sendiri sejak dua tahun silam.

Irfa juga memasarkan sandal buatannya melalui internet. Sejak itu, usahanya semakin berkembang pesat. Ia semakin banyak menerima pesanan sandal. "Kebanyakan pesanan dari luar kota yang membeli.secara grosir untuk dijual kembali," kata Irfa.

www.kompas.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }