Bandung, Tujuan Wisata Natal & Akhir Tahun

Diposting oleh Wikey on Nov 9, 2009




Kota Bandung menjadi kota tujuan libur panjang Natal dan Tahun Baru sejumlah warga Jakarta. Jumlah penyewa mobil di Jakarta meningkat, terutama untuk tujuan Bandung dan sekitarnya. Bisnis sewa mobil di Bandung (Car Rental Bandung) dan Yogyakarta juga bergairah pada libur akhir tahun ini.

Yan Mayrizal, pemilik persewaan mobil Auto 69, Jakarta, mengatakan, jumlah penyewa mobil meningkat 10-20 persen dibandingkan tahun 2007. Kebanyakan tujuannya Bandung dan Pangandaran. ”Mereka menyewa mobil untuk lima atau tujuh hari,” ujar Yan.

Semua mobil (car rental bandung) yang dimilikinya habis dipesan. Yan harus mengalihkan calon penyewa ke rekannya penyedia jasa sewa mobil. ”Ada 5-10 calon penyewa per hari yang saya alihkan beberapa hari terakhir,” kata Yan.

Peningkatan sewa mobil (car rental bandung) mulai terlihat sejak 20 Desember lalu. Kebanyakan penyewa mencari jenis mobil berkapasitas besar, seperti Daihatsu Gran Max yang muat hingga 12 orang, Suzuki APV yang muat hingga delapan orang, atau Toyota Avanza yang muat tujuh orang. Yan menetapkan tarif sewa untuk luar kota sebesar Rp 350.000 per hari sudah termasuk sopir.

”Penyewa umumnya ingin ke Bandung untuk berwisata ke Ciater, Tangkuban Perahu, Kawah Putih, dan Pangandaran. Untuk tahun baru, banyak (car rental bandung) yang akan pergi ke Anyer,” kata Yan.

Meski menetapkan tarif sewa lebih tinggi untuk jenis mobil yang sama, jasa rental mobil Wara-Wiri dan C&J di Jakarta juga diminati. Wara-Wiri menetapkan tarif sewa Rp 400.000-Rp 450.000 per hari, sedangkan C&J menetapkan Rp 500.000 per hari. Di Wara-Wiri, penyewa mobil juga banyak bertujuan ke Bandung.

Di Bandung, (car rental bandung) mobil sewaan juga habis disewa. Garasi Ay Trans yang memiliki 15 mobil kini kosong.

Afran, pengusaha rental (car rental bandung), mengatakan, sejak 24 Desember, sebanyak 20 mobilnya habis disewa pelanggan selama tiga sampai lima hari. Sebagian pelanggan bahkan memesan mobil sepekan sebelumnya.

”Mungkin sampai Tahun Baru, mobil terus dicari,” kata Afran.

Tujuan liburan selain Kota Bandung adalah Pangandaran, Ciwidey, dan Lembang.

Mobil (car rental bandung) yang disediakan dan dicari sama dengan tempat sewa lain. Tarif sewa Rp 250.000 per hari per mobil. ”Kami sengaja mematok tarif tidak terlalu tinggi,” ujar Afran.

Di Yogyakarta, omzet sewa mobil juga melonjak. Sebagian besar penggunanya adalah wisatawan luar daerah seperti Bandung dan Jakarta. Tarifnya Rp 250.000-Rp 350.000 per hari.

”Dari 15 mobil, sudah laku sejak tanggal 25 Desember. Rata-rata menyewa tanpa sopir karena lebih murah, selisihnya bisa Rp 50.000 per hari,” kata Suryo, karyawan Rental Mobil Mandiri di Jalan Lingkar.

Selain Kota Yogyakarta, tempat wisata yang dituju adalah Kaliurang, Parangtritis, dan Gunung Merapi

kompas.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }