Balet

Diposting oleh Tukang Tambal Ban on Nov 4, 2009





Inilah.com, jakarta menari ballet ternyata nggak sulit-sulit amat. Asal tekun dan giat berlatih, balet bisa dikuasai dan ikutilah kelas les ballet. Juga bisa jadi sandaran hidup. Maklum, balet kini tumbuh subur. Sekolah balet menjamur di mana-mana.
Itu tips ringkas dari farida oetoyo, maestro balet indonesia, ketika ditemui inilah.com belum lama ini. "siapa bilang menari balet itu sulit? Asal tekun dan giat berlatih di les ballet, siapa saja bisa menari balet," ujar pendiri sanggar tari balet sumber cipta ini.
ballet adalah sebuah teknik tarian yang menggabungkan akting dan musik. Balet juga sarat dengan gerakan keseimbangan, bahkan kadang melompat, sehingga membutuhkan kekuatan di ujung jempol kaki.
Teknik balet bermacam-macam. Ada yang disebut posisi on point (berdiri dengan ujung kaki) yang sempurna atau gerakan melompat. Ada juga voete, yaitu gerakan memutar dengan posisi on point.
Para balerina menggunakan perlengkapan seperti stoking, baju atasan atau leotard, dan sepatu khusus bernama point shoe dari bahan satin dengan sol lentur, bagian ujung terbuat dari kanvas, serat hessian, kertas, serta lem. Tarian balet biasanya diiringi musik klasik atau kontemporer.
Balet berasal dari italia. Nama ballet anak diambil dari istilah ballo yang berarti menari dan diperkenalkan domenico da piacenza pada abad xv. Pada 1581, fabritio caroso membuat sebuah buku panduan tari balet il ballarino. Di masa itu, tarian balet dipertontonkan di lingkungan keluarga ningrat di italia.
Dalam perkembangannya, balet merambah ke banyak negara, terutama prancis sebagai pendahulunya. Di prancis, bahkan, balet berkembang pesat sebagai salah satu seni drama yang pamornya sejajar dengan pertunjukan opera.
Di abad xix, negara-negara eropa timur, termasuk rusia, mulai ikut meluaskan popularitas tempat les ballet. Seiring dengan itu, balet merambah amerika serikat dan selanjutnya ke indonesia.
Di rusia, ballet anak sangatlah diminati. Sanggar tari balet(tempat les ballet) banyak bermunculan di sana. Sebutlah akademi tari balet bolshoi, vaganova, dan mariinsky ballet. Sederet balerina top dunia pun mereka lahirkan, di antaranya anna pavlova dan lidya lopokova.






Http://www.inilah.com

{ 0 komentar... read them below or add one }