Baju Kebaya, Bagaimana Cara Merawatnya?

Diposting oleh Wikey on Nov 23, 2009




Merawat Kebaya Modern memiliki tips dan cara khusus. Meski terdengar sederhana dan mudah, namun Anda tetap perlu berhati-hati agar kainnya tidak robek dan rusak.

Sebetulnya merawat kebaya modern hanya perlu lebih hati-hati dan telaten. Misalnya setelah dipakai, kebaya tidak harus dicuci, tapi cukup diangin-anginkan satu hari penuh.

Lalu masukkan kembali dalam lemari. Kalau sudah dipakai 3-5 kali kebaya baru boleh dicuci menggunakan tangan, itu pun harus sangat hati-hati agar konstruksi dan garis kebaya tidak berubah.

Mencucinya pun tidak boleh dengan sembarang deterjen, sebaiknya gunakan pelembut saja, dengan pertimbangan untuk menghilangkan bau yang ditimbulkan setelah kebaya sering dipakai.

Mencuci dengan pelembut juga bermanfaat untuk menghindari agar warna kebayanya tidak berubah. Setelah dicuci dan dikucek, beberapa bagian yang mungkin kena noda, sebaiknya jangan diperas, Anda bisa langsung menggantung kebaya dan menjemurnya.

Teknik ini dilakukan agar kain kebaya modern tidak lecek. Untuk menjemur ada baiknya tidak terkena matahari langsung, cukup diangin-anginkan saja. Menyetrikanya pun tidak bisa sembarangan, harus dengan kondisi setrika yang tidak terlalu panas.

kosmo.vivanews.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }