Bahaya Mainan Murah!

Diposting oleh Tukang Tambal Ban on Nov 30, 2009




Berlin - komisi uni eropa (ue) mengingatkan kepada konsumen khususnya para orang tua, untuk tidak membelikan mainan murah dan gembel, sebagai kado natal dan tahun baru.

German european commission vice president guenter verheugen mengatakan, para konsumen sebaiknya tidak hanya memikirkan faktor harga yang murah saja. Tetapi harus memikirkan faktor keamanan bagi anak-anak.

"para konsumen sebaiknya membuka mata ketika membeli mainan murah. Dan harus berhati-hati atas produk mainan yang tak jelas asal-usulnya," tegas verheugen, dalam suratkabar di jerman bild am sonntag, sepeti dikutip dari afp, minggu (23/12/2007).
"harga yang murah bukan berarti memiliki kualitas yang baik," imbuhnya, lebih baik rental mainan aja.
Dia mengatakan, pemerintah jerman telah menaikan standar regulasi keamanan barang sejak januari 2007. Peraturan itu diyakini mampu meminimalisir beredarnya barang berkualitas rendah atau mainan anak murah.
Seperti diketahui, beberapa waktu lalu mainan produksi china yang beredar di amerika serikat dan uni eropa ditarik dari pasar internasional secara besar-besaran. Sebab, kandungan dalam mainan anak itu terbukti mengandung zat berbahaya, lebih baik ke sewa mainan dan sewa mainan anak, karena lebih terjamin.
Berdasarakan laporan bild sonntag, mainan anak yang berbahaya dapat menyebabkan kanker kelainan genetik. Suratkabar itu juga merekomendasikan agar peran pemerintah jerman lebih ditingkatkan.
Namun, verheugen mengaku, tidak akan menghentikan impor mainan anak dari negeri macan asia itu.
Saat ini, china adalah negara nomor satu pengekspor mainan anak murah dengan jumlah 22 miliar unit pada tahun lalu. Jumlah itu adalah 60 persen dari peredaran mainan anak di dunia.
(rhs)



Http://economy.okezone.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }