Tips Datang ke Pameran Buku

Diposting oleh malamjumat on Oct 28, 2009


Berikut tips jika kita akan berkunjung ke sana, atau ke pameran buku manapun, di belahan dunia manapun.

1. Buat daftar buku-buku yang ingin dibeli: ini penting sekali karena berhubungan dengan budget yang kita sediakan. Kita kalau sudah suka pada sesuatu pasti bawaannya ingin kita punya khan? Nah, alangkah baiknya jika kita tetap membuat daftar buku-buku yang ingin sekali kita beli, tetapi belum juga kesampaian. Dengan daftar ini, kita akan prioritaskan beli buku yang ada di daftar. Selebihnya, kita cari buku-buku murah meriah dan buku-buku gretongan.

2. Cek Acara: pameran tidak Cuma pajang buku doing, tetapi juga ada acara-acara pendukung. Buat yang ingin mengetahui perkembangan penerbitan, di sini tempatnya. Buat yang ingin tahu buku-buku yang sedang laris di sini tempatnya. Buat ketemu penulis pujaan, juga si sini tempatnya. Ops, acara biasanya tidak hanya dilaksanakan di panggung utama atau panggung pendukung lho, tetapi juga di stand pameran. Jadi, jelilah kalau pas liat stand. Ada juga untuk menarik pengunjung mendatangkan artis dengan management artis yang bagus.

3. Cari tahu Posisi Stand penerbit: pameran buku tidak hanya diikuti oleh segelintir penerbit, tetapi diikuti bejibun penerbit. Kontraktor pameran yang berpengalaman akan terlihat dari stand buku tersebut. Coba list data penerbit yang akan kita kunjungi supaya kalau kita ke sana tidak tersesat di negeri antah barantah. Buat data stand penerbit menjadi 3 kategori, misalnya stand penerbit Favorite, stand penerbit Biasa aja, dan stand penerbit yang baru.

4. Cek buku-buku best seller, judul, penulis, penerbit: ini penting sekali untuk pengetahuan kita, siapa tahu kita mau nulis, jadi kan bisa up 2 date tulisan kita. Terus kita bisa tahu penerbit-penerbit yang bukunya selalu best seller, siapa tahu nanti kita nerbitin buku di sana, bisa tahu penulis-penulisnya kalau perlu nomer kontaknya, ya, sekadar say hello tidak jadi soal, kan?

5. Ambil catalog yang ada di Stand: catalog yang disediakan penerbit disediakan buat pengunjung, jadi jangan segan-segan mengambilnya. Percaya deh, banyak manfaat yang bisa diambil dari catalog tersebut. Kalau nggak percaya? Coba aja buktikan!

6. Borong buku-buku yang diinginkan. Biasanya, di pameran diskonnya gede-gedean kan? Daripada nyesel mending borong sekarang.

www.penulislepas.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }