Memilih Jasa Cargo Yang Baik Dan Bergaransi

Diposting oleh Unknown on Oct 20, 2009



Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kita gunakan sebagai rujukan sebelum kita memutuskan untuk memilih jasa cargo.

1. Ketepatan dan ketepatan waktu hantaran
Ketepatan waktu hantaran adalah salah satu yang paling krusial dalam memilih jasa ekspedisi dan perusahaan ekspedisi. Ketepatan waktu sangat dipengaruhi oleh moda transporternya. Urutan transporter terbaik berdasarkan ketepatan waktu adalah sebagai berikut :
  • Transporter via udara atau pesawat terbang adalah perusahaan jasa cargo yang mengkhususkan diri untuk memberikan service pengiriman lewat pesawat terbang. Ketepatan waktu jenis layanan ini cukup bisa diandalkan, kecuali pada momen momen liburan seperti lebaran, tahun baru dan natal. Karena pada situasi pick season seperti itu, biasanya airlines overload, sehingga mengurangi performa service cargo. Moda transportasi jenis ini tariff pengirimannya paling mahal.
  • Transporter via kereta express adalah perusahaan jasa cargo yang mengkhususkan diri untuk memberikan service pengiriman lewat kereta express (kereta argo anggrek dan kereta express bima). Kedua kereta tersebut sebenarnya adalah kereta penumpang express, yang dilengkapi dengan satu gerbong barang di belakang. Ketepatan waktu jenis layanan ini cukup bagus, karena ketepatan jadwal kereta express selama ini bisa di andalkan. Kelemahan dari layanan ini adalah ababila ada kecelakaan kereta, sehingga bisa dipastikan akan ada keterlambatan barang.
  • Transporter via kereta parcel (kereta barang). Bedanya dengan kereta express adalah, bahwa kereta ini sama sekali tidak ada gerbong penumpang. Jadi, seluruh gerbongnya adalah gerbong barang. Kendalanya hampir mirip dengan kereta ekspedisi jakarta dan perusahaan jasa ekspedisi.
  • Transporter via truck, sering disebut sebagai trucking. Yaitu suatu jasa cargo yang memanfaatkan jasa truck untuk ekspedisi jakarta dan perusahaan jasa ekspedisi. Cargo jenis ini performa ketepatan waktu kurang bagus, karena sangat tergantung oleh man power (sopir), armada truck, dan kepadatan di jalan raya.
  • Transporter via kapal cargo adalah transportasi menggunakan jasa kapal cargo atau sering disebut menggunakan container. Performa tentang kecepatan dan ketepatan waktu adalah paling rendah. Walaupun begitu moda transportasi ini memiliki tariff pengiriman paling murah, dibandingkan ke empat moda transportasi diatas.

2. Garansi
Ada baiknya seorang pelanggan sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa cargo meminta penjelasan tentang garansi yang bisa diberikan perusahaan tersebut berkenaan dengan barang kiriman. Telponlah customer service untuk meminta penjelasan tentang hal hal berikut ini :
Garansi ketepatan waktu, yaitu permintaan garansi apa yang bisa diberikan jasa ekspedisi dan perusahaan ekspedisi berkenaan dengan ketepatan waktu yang dijanjikan. Hal ini penting, karena garansi waktu sangat terkait erat dengan moda transportasi yang digunakan, dan biaya kirim.

Garansi barang rusak atau hilang perlu juga dipertanyakan. Hal ini cukup krusial. Karena biasanya customer service
jasa ekspedisi jakarta memberikan janji yang muluk. Akan tetapi, ketika terjadi kehilangan atau kerusakan barang, biasanya saling menyalahkan dan pelanggan jasa ekspedisi jakarta selalu ada pada pihak yang lemah.



http://www.csmcargo.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }