Latihan Renang

Diposting oleh Unknown on Oct 13, 2009




anda mungkin telah sering melakukan latihan olahraga, namun manfaat yang anda peroleh tidak seperti yang diharapkan. Mungkin akar permasalahannya terdapat pada beberapa hal mendasar yang kerap diabaikan.

Agar olahraga anda memberikan hasil maksimal, seorang pakar telah menyarankan tips berikut :

· sepanjang latihan, minumlah air untuk menyeimbangkan elektrolit dan mempertahankan tingkat energi anda. Setelah olahraga, minum lagi satu atau dua gelas air (bukan minuman yang mengandung gula, karena jenis ini dapat mengakibatkan dehidrasi).

· lakukanlah pemanasan sebelum olahraga dengan perlahan-lahan untuk menaikkan denyut jantung dan meningkatkan metabolisme tubuh secara bertahap.

· pada tahap awal latihan, lakukanlah beberapa gerakan peregangan bahu, betis, leher, dan kaki. Gerakan ini hanya membutuhkan waktu beberapa menit, tetapi bermanfaat untuk mencegah cedera selama berhari-hari.

· aturlah pernafasan terus-menerus selama latihan di tempat private, dengan mengeluarkan nafas perlahan-lahan. Hembusan nafas pada saat latihan berguna untuk mencegah cedera dan latihan tersebut akan terasa makin mudah.

· setelah pendinginan, lakukanlah peregangan dengan pelan-pelan selama lima menit untuk mencegah rasa sakit pada otot, mengembalikan otot ke ukuran semula dan menghindari cedera. Setiap peregangan sebaiknya dilakukan selama 30 detik, lalu tarik nafas, dan rileks kembali.

· untuk memperoleh manfaat maksimal dari latihan angkat beban, gunakanlah weight machine agar semua persendian tubuh ikut bergerak sehingga makin banyak kalori yang terbakar dan latihan tersebut sangat bermanfaat.

· untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan pembakaran kalori dalam latihan angkat beban, waktu yang digunakan untuk mengangkat harus setengah dari waktu untuk melakukan gerakan balasannya. Angkatlah bebannya secara perlahan-lahan sambil mengeluarkan nafas dalam hitungan empat, dan lakukan gerakan balasan secara perlahan-lahan sambil tarik nafas dalam hitungan delapan.

· lintas-latihan merupakan bentuk yang paling aman dan efektif. Karena itu, setelah melakukan olahraga aerobik (bersepeda, jalan kaki, jogging), anda sebaiknya melakukan jenis olahraga lain yang dapat menguatkan dan melenturkan tubuh.

· untuk memaksimalkan metabolisme, hindarilah melakukan satu jenis olahraga tanpa berhenti dalam waktu yang anda tentukan, satu jam misalnya. Waktu ini lebih baik dibagi menjadi empat kali : 20 menit bersepeda pagi hari, 20 naik tangga sorenya, 20 menit jalan kaki malamnya. Dengan demikian, kalori yang dibakar akan lebih banyak dan mintalah saran dari staf pengajar olahraga .

--Sumber: www.indosiar.com dan rajaraja.com--

{ 0 komentar ... read them below or add one }