Hemat Listrik Untuk Anak

Diposting oleh Tukang Tambal Ban on Oct 26, 2009





Tips untuk menghemat listrik penerangan antara lain:
Gunakan lampu hemat listrik daripada lampu pijar cthnya lampu led outdoor atau led indoor
Matikan lampu saat meninggalkan ruangan atau tidak memakai ruangan.
Buatlah perencanaan titik-titik ampu yang efisien; yaitu dengan tidak menggunakan saklar yang menghidupkan beberapa lampu sekaligus, karena bila kita ingin menghidupkan salah satu lampu, semua lampu jadi menyala.
Letakkan lampu led outdoor atau led indoor ditempat yang cukup rendah dan dapat melayani lebih banyak ruang.
Letakkan saklar ditempat yang mudah dihidup-matikan, misalnya didekat pintu, agar memudahkan kita mematikan lampu saat hendak meninggalkan ruangan.


Tips tentang pendinginan udara:
Bila menggunakan ac, usahakan agar udara ac tidak keluar ruangan. Bersihkan ac secara berkala setiap sebulan sekali, atau memanggil tukang servis/pembersih ac atau gunakan led outdoor display dan lampu led lights
Dalam rumah tinggal, ruang-ruang yang cukup dingin tidak perlu diberi ac, mungkin ruangan seperti ruang tidur perlu diberi ac, hanya jika dirasa dibutuhkan.
Gunakan plafon yang tinggi agar udara didalam ruangan lebih sejuk. Tetap gunakan plafon untuk atap dengan genteng, karena ruang diatas plafon dan dibawah genteng akan menghambat panas masuk dari permukaan genteng.
Bila tidak menggunakan ac, gunakan jendela-jendela yang dapat dibuka-tutup, dengan harapan kita dapat mengatur banyaknya hawa alami yang masuk, sebaiknya gunakan lah led outdoor lights.
Tanamlah banyak-banyak tanaman dan peneduh disekitar rumah. Gunakan area taman atau tanah yang tidak digunakan untuk bangunan dengan semaksimal mungkin atau sebaiknya gunakan lah led outdoor lights.


http://astudioarchitect.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }