Cara Mencari Pembantu Infal

Diposting oleh malamjumat on Oct 15, 2009


Beragam kisah pembantu rumah tangga yang merepotkan pemilik rumah kerap muncul di sekitar kita. Dari yang tak betah bekerja hingga yang melakukan tindak kriminal.

Berikut beberapa tips:

1. Penanggung Jawab

Ketahuilah penanggung jawab pembantu itu, baik yang didapat dari penyalur baby sitter atau dari teman. Usahakan si penanggung jawab adalah keluarga atau teman sekampung pembantu itu.

2. Wawancara

Wawancarailah calon pembantu Anda, terutama soal identitasnya. Ini penting agar Anda tahu rekam jejaknya. Juga, apakah dia pernah punya pengalaman kerja. Dari wawancara juga mungkin kita bisa juga mengetahui atau membaca pikiran calon pembantu tersebut.

3. Perhatikan Beban Kerja

Pembantu juga manusia. Beban kerja yang besar akan membuatnya tak betah atau kerjanya tak maksimal. Satu pembantu maksimal untuk empat anggota keluarga dan rumah sederhana. Selain itu, tak bisa diterapkan jam kerja 24 jam. Perlu diberi waktu tertentu tiap harinya untuk bebas dari kerja. Perhatikan juga hak dia. Atau jika sudah jadi pembantu nantinya berikanlah semacam reward/penghargaan, misalnya memberikan paket travel atau perjalanan.

www.tempointeraktif.com

{ 1 komentar ... read them below or add one }

Suka said...

infonya berguna nih.. yang pasti kita jg harus menghormati pembantu / tidak meremehkan mereka..

karena kita saling butuh satu sama lain :)