Metode Pengajaran Bahasa Inggris yang Layak Dicoba

Diposting oleh malamjumat on Sep 8, 2009


Bahasa Inggris dewasa ini mutlak untuk dipelajari dan dimengerti siswa-siswi untuk bisa bersaing secara global. Karena ini merupakan bahasa international.

Paradigma bahasa inggris sebagai pelajaran yang sangat susah ternyata sedikit demi sedikit mulai terkikis. Pasalnya, saat ini sekolah mulai mengenalkan kegiatan-kegiatan yang bisa membuat siswa kecanduan (addicted)
belajar English. Contohnya adalah dengan membntuk English Club ataupun Debate college di sekolah.


Kegiatan-kegiatan yang ditawarkan pun cukup menarik. Di antaranya guiding, siswa dilatih bagaimana meng-guide wisatawan dalam bahasa inggris di beberapa tempat yang mencerminan ciri khas Malang. Seperti Candi Singosari, Patung Dwarapala yang ada di Kab. Malang. Sedangkan di Kota Malang kita punya tugu, tarekot, museum brawijaya, dan sebagainya. Ada juga kegiatan story telling, di mana siswa mencertakan sebuah cerita (biasanya berbentuk dongeng) dengan kostum dan ekspresi sesuai cerita dalam bahasa inggris. Hal ini menarik karena selain menambah wawasan, skill sebagai guiding ataupun story teller, juga secara langsung mengimprove keberanian berbicara baha inggris di depan umum.


Kemampuan otak, seperti bermain vocab juga bisa dilatih dengan bermain scrabble bersama. Sedangkan melatih berpikir kritis dalam bahasa nggris bisa di apresiasikan dengan English speech dan debate.


Tapi yang paling banyak diminati adalah English debate. Di mana akan ada dua tim yang beradu pendapat dalam bahasa inggris. Terbukti dengan semakin banyaknya lomba-lomba English debate di Kota Malang. Seperti yang di adakan oleh EDSA-Universitas Kanjuruhan, FE-UMM, FE-UNMER, Poltekes, dll.


Dengan adanya kegiatan-kegiatan menarik di atas, siswa akan lebih tertarik lagi
belajar English dan mengembangkan kemampuannya dalam bahasa English.


http://blog.malangkota.go.id


Dukung Kampanye
Stop Dreaming Start Action Sekarang

{ 0 komentar ... read them below or add one }