Mempersiapkan Pernikahan

Diposting oleh malamjumat on Sep 28, 2009


Pernikahan adalah perhelatan yang sangat menguras perhatian dan juga sakral. Persiapan pernikahan pada umumnya memerlukan waktu paling tidak sekitar 8-12 bulan jika segala sesuatunya dilakukan sendiri.

Jika anda tidak punya waktu selama itu, manfaatkanlah jasa wedding organizer yang umumnya membutuhkan waktu sekitar 6-8 bulan. Sebetulnya apa saja sih, yang harus dipersiapkan? berikut hal-hal yang perlu anda persiapkan untuk pesta pernikahan anda...

1. Menentukan tanggal pernikahan

Walaupun pada dasarnya semua hari itu baik, tak ada salahnya mencantumkan tanggal dan bulan favorit sebagai tanggal pernikahan. Hal ini akan memudahkan anda untuk mengingat dan merayakannya.

2. Menentukan jumlah undangan dan anggaran

Sebelum menentukan anggaran pernikahan, hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan jumlah undangan, karena menjadi tolak ukur paling tepat untuk menentukan anggaran dan besarnya ruangan untuk pesta.

Sesuai standar internasional, sisihkan 40% dari total anggaran untuk keperluan catering, bisa juga termasuk souvenir seperti chocolate wedding souvenir maupun jenis souvenir lain. Sisanya sebanyak 60% dapat anda gunakan untuk 6 keperluan utama lainnya, yaitu gedung, acara dan MC, dokumentasi, dekorasi, bridal attire (baju dan tata riasnya) serta undangan dan suvenir.

3. Menentukan gedung

Saatnya menentukan lokasi dan gedung yang akan digunakan. Jika sudah terlanjur menentukan pada satu gedung yang bernuansa romantis tapi kapasitasnya tidak terlalu besar, bagilah undangan dalam 2 waktu yang berbeda. Misalnya jam 19.00-20.00 untuk orangtua dan 20.00-21.00 untuk teman-teman anda dan pasangan. Apakah Anda akan menggunakan musik organ, tentunya perlu diperhatikan kapasitas & keadaan gedung juga.

4. Menentukan gaya dan tema pesta

Demi keserasian pesta, anda harus menentukan tema, sehingga anda dan pasangan dapat menentukan kebaya atau gaun dan jas seperti yang akan dikenakan pada saat pesta berlangsung.

Padukan warna gaun dan dekorasi dengan warna yang sesuai dengan karakter anda berdua. Gaya dan pesta ini biasanya juga akan tampak pada menu makanan, suvenir dan undangan.

5. Lakukan perawatan diri

Bila 4 hal penting diatas sudah dilakukan, kini saatnya melakukan perawatan diri mulai dari lulur, mandi rempah, perawatan wajah, dan pusat kebugaran agar pada saat pernikahan nanti tampil prima. Perawatan diri ini sebaiknya dilakukan oleh kedua mempelai sehingga agar keduanya bisa tampil prima saat pesta pernikahan digelar. Kalau kurang fit, Anda bisa memanfaatkan jasa klinik kesehatan agar tetap fit menuju hari H.

http://undangan-kita.blogspot.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }