Toko Musik Online Terbaik (Bebas DRM)

Diposting oleh malamjumat on Aug 12, 2009


Jika anda menyukai sebuah lagu dan ingin membelinya melalui toko musik online di internet lantas apakah kita dapat melakukannya dengan semudah itu?

Ternyata tidak, dalam penjualan
musik online dikenal istilah DRM (Digital Rights Management) yang berupa software yang akan membatasi pengguna bagaimana dan dimana ia berhak memainkan musik yang ia beli.


Berikut pengertian DRM dari wikipedia:


Manajemen hak digital (Inggris: Digital Rights Management atau DRM) adalah hiponim yang merujuk kepada teknologi pengaturan akses yang digunakan oleh para penerbit atau pemegang hak cipta untuk membatasi penggunaan suatu media atau alat digital. Istilah ini juga dapat diartikan sebagai pembatasan terhadap bagian tertentu dari suatu karya atau alat digital. Secara luas, DRM saling tumpang tindih dengan perangkat lunak proteksi salinan (copy protection), namun istilah "DRM" biasanya digunakan untuk media kreatif (musik, film, dan lain-lain) sementara istilah "proteksi salinan" cenderung digunakan untuk mekanisme proteksi salinan di perangkat-perangkat lunak komputer.


Yang pada intinya adalah para pembeli
musik online tidak akan leluasa memutar lagu yang ia beli karena terhalang oleh DRM tersebut. Ia tidak akan memiliki secara penuh apa yang sudah ia beli.


Namun tidak perlu khawatir karena ada
toko musik online yang bebas DRM sehingga kita dapat membeli dan leluasa menggunakannya. Berikut ini daftar 10 toko musik online yang bebas DRM:


1. eMusic

2. Amazon
3. Jamendo
4. Amie Street
5. Napster
6. Audio Lunchbox
7. LiveDownloads
8. Bleep
9. CD Baby
10. LimeWire Store

Mudah-mudahan artikel 10
toko musik online terbaik di atas bermanfaat buat Anda.


www.erakomputer.com


Dukung kampanye
stop dreaming start action sekarang

{ 0 komentar ... read them below or add one }