Tips Memilih Water Heater

Diposting oleh Unknown on Aug 10, 2009





Memakai
pemanas air wika atau yang lebih populer disebut dengan water heater saat ini telah menjadi sebuah kebutuhan penting dalam rumah tangga..

Storage water heater (pemanas air yang menggunakan tabung penyimpan air)

Tipe
water heater ini (yang menggunakan tabung penyimpanan) adalah yang paling umum digunakan dan biasanya menggunakan listrik maupun gas sebagai sumber panasnya. Dan penggunaan gas biasanya lebih murah dibandingkan listrik.

Karena menggunakan
aircon water (storage), hal yang perlu anda perhatikan adalah kebutuhan air yang akan digunakan dan semakin banyak berarti anda harus memilih tangki pemanas air yang lebih besar dan semakin besar tempat yang anda butuhkan untuk menaruh tangki pemanas air tersebut.
Kelebihan dari tipe ini adalah air panas akan tersedia setiap saat karena air di dalam tabung akan secara berkala dipanaskan tetapi di lain sisi, biaya listrik per bulan untuk tipe ini lebih besar di banding lainnya.

Tankless atau on-demand water heater
Tipe pemanas air ini tidak menggunakan penampung air tetapi langsung melakukan pemanasan melalui unit koil yang ada pada saat digunakan.Kelebihan dari tipe ini adalah biaya listrik per bulan lebih kecil tetapi di lain sisi untuk mendapatkan panas yang cukup, daya listrik di rumah harus cukup besar.Kekurangan dari tipe pemanas air wika ini adalah ketersediaan air panas tidak dapat selalu disediakan, terutama untuk pengguna yang ingin menggunakan air panas secara berkesinambungan dan dalam jumlah yang besar.

Solar water heater

Tipe
solar water memang paling hemat listrik karena menggunakan tenaga matahari sebagai sumber panas tetapi untuk harga alat ini jauh lebih mahal dibandingkan dengan tipe lainnya.
Kekurangannya adalah pemasangan solar water heater yang lebih rumit (diletakkan di atas atap rumah) dan panas yang dihasilkan akan tergantung dari panas matahari yang ada sehingga bila memungkinkan, pilihkan solar water heater yang mempunyai tenaga cadangan bila matahari sedang tidak “bersahabat”.

Secara keseluruhan, anda perlu memperhatikan beberapa hal sebelum memasang
solar water di rumah anda:


Daya listrik yang dibutuhkan untuk menjalankan pemanas air (water heater) secara optimal.

Sejauh mana instalasi/ pemasangan dapat dilakukan, apakah harus membongkar bagian tertentu dari rumah anda.Tempat penyimpanan tangki (apabila menggunakan tangki).Tipe yang anda pilih apakah dapat memenuhi kebutuhan air panas anda.

Tingkat panas maksimum yang dapat dihasilkan (biasanya untuk instant water heater tidak terlalu panas)

Dukung kampanye stop dreaming start action sekarang

http://www.acme707.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }