Tips Membuat Nasi Tumpeng Kuning

Diposting oleh Tukang Tambal Ban on Aug 11, 2009






lalu bagaimana caranya membuat nasi tumpeng?

1. Bahan utama: beras
sebaiknya pilih beras yang pulen dan sebaiknya dicampur dengan beras ketan dengan perbandingan 10 : 1. Mengolahnya sama saja seperti menanak nasi pada umumnya.

Untuk membuat nasi tumpeng nasi kuning, bahannya sama, hanya ditambah kunyit, air jeruk nipis, dan santan. Agar nasi kuning untuk catering jakarta dan catering berwarna menarik, bakar dulu kunyitnya, kupas lalu parut, dan campur dengan santan.

Setelah nasi diaron (dimasak dengan cara diungkep) dengan santan, baru campurkan air jeruk nipis agar nasinya berkilat.Langkah berikutnya setelah nasi catering jakarta dan catering matang dan masih panas, langsung cetak dalam cetakan tumpeng (kerucut) sambil ditekan-tekan sampai padat. Sebelum nasi dimasukkan ke dalam cetakan, alasi terlebih dahulu dengan daun pisang, agar nasi mudah dikeluarkan dari cetakan.

2. Wadah:
wadah/alat saji untuk nasi tumpeng sebaiknya dipilih yang permukaannya lebar dan datar, karena di atasnya akan diberi nasi kerucut dengan lauk pauknya. Misalnya tampah. Tapi jaman sekarang banyak orang yang menggunakan menggunakan tripleks atau setereofom. Karena selain mudah dibentuk juga mudah untuk diberi hiasan.

3. Isi:
nasi kuning atau tumpeng putih, umumnya berisi urap sayuran, ikan asin goreng, tempe dan tahu bacem, sambal goreng, ayam bumbu rujak/opor, telur pindang, rempeyek kacang atau rempeyek teri.
Nasi kuning tumpeng, berisi kering kentang atau tempe, abon, ayam goreng, telur dadar, perkedel, udang goreng, hati goreng berbentuk anak ayam.

4. Hiasan:
untuk dasar tampah umumnya dialasi daun pisang atau janur. Di sisi tampah nasi kuning bisa diberi hiasan kacang panjang atau lipatan daun pisang dengan aneka bentuk seperti segitiga. Tambahkan juga hiasan bunga atau binatang yang terbuat dari wortel, lobak, bengkuang, timun, tomat, kelapa, labu parang, atau cabai untuk mempercantik tumpeng.

Dukung kampanye stop dreaming start action sekarang


Sumber : internet

{ 1 komentar ... read them below or add one }

sop buntut di jakarta said...

Makasih ya infonya..........